PALAS - Terpuruknya truk pengangkut sawit ke dalam lubang di badan jalinsum Sosa, Kecamatan Sosa, menghambat kelancaran arus lalu lintas jalan umum. Pihak PT Karya Agung Sawita (KAS) Sosa langsung mengerahkan alat berat excavator milik perusahaan untuk membantu perbaikan titik ruas jalinsum yang rusak agar tidak menganggu kelancaran lalu lintas umum

Manager Kebun PT KAS Sosa, Riecky Ferry Andhy, Rabu (15/11/2023) ditemui disela kegiatan pemerataan badan jalinsum yang rusak di sekitar truk angkut sawit yang terpuruk ke dalam lubang mengatakan, perusahaan ikut berpartisipasi membantu perbaikan lubang-lubang yang ada agar tidak menimbulkan gangguan bagi kendaraan pengangkut hasil perkebunan masyarakat.

"Pihak perusahaan ikut prihatin dengan kondisi jalinsum yang rusak dan berlubang ini, sehingga ikut berpartisipasi untuk pemeratannya," ujarnya.

Dikatakan, di musim penghujan saat ini, lubang-lubang yang ada di badan Jalinsum banyak tertutupi genangan air, sehingga menjadi jebakan bagi kenderaan yang melintas, apalagi membawa muatan sawit tentu akan terpuruk ke dalam lubang karena tidak kelihatan lubangnya.

"Dengan kondisi jalinsum yang rusak parah ini, pihak Kebun PT KAS ikut membantu pemerintah untuk perbaikan pemerataan lubang agar jalinsum dalam kondisi rata, sehingga tidak ada jebakan lubang dibadan jalan," ungkap Riecky.

Kata Riecky, pihaknya hanya bersifat membantu agar kelancaran arus lalu lintas tidak terganggu, akibat sulitnya medan jalinsum yang rusak untuk dilalui kenderaan roda empat atau lebih.

"Alat berat excavator yang kita turunkan ke kawasan jalinsum yang rusak ini, untuk melakukan pekerjaan pemerataan perbaikan jalinsum agar mudah dilalui penguna jalan," tambahnya.

Sebelumnya, Camat Sosa, Asrin Daulay, Rabu (15/11/2023) membenarkan, pihak Kebun PT KAS Sosa, langsung menurunkan alat beratnya untuk membantu perbaikan jalinsum yang rusak guna kelancaran arus lalulintas umum.

"Badan jalan yang bergelombang dan belubang dilakukan pemerataan oleh alat berat excavator milik perusahaan agar tidak ada lagi truk pengangkut hasil perkebunan dan kenderaan umum yang terpuruk ke dalam lubang dengan kondisi digenangi air," ungkapnya.

Camat Sosa mengapresiasi bantuan pihak pihak perusahaan kebun PT KAS yang cepat tanggap membantu perbaikan jalinsum yang rusak untuk kelancaran transportasi, sehingga tidak mengganggu kelancaran arus lalu lintas umum.