TAPSEL - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tapanuli Selatan Ny Rosalina Dolly Pasaribu, mengapresiasi PKK Desa Sipangko, yang mampu memberdayakan kebun Toga sehingga mampu memberikan keuntungan finansial bagi anggotanya. Hal ini membuktikan bahwa PKK mampu meningkatkan dan memanfaatkan SDM anggota PKK untuk menunjang kesejahteraan keluarga. "Tapanuli Selatan itu banyak memiliki SDM yang luar biasa ya ibu ibu, termasuk anggota PKK. Nah, melalui Kebun Toga ini kita manfaatkan SDM tersebut untuk menambah kesejahteraan keluarga. Saya apresiasi Tim Penggerak PKK Desa Sipangko, yang sudah bisa menambah kesejahteraan keluarga melalui Kebun Toga ini," ujar Ny Rosalina Dolly Pasaribu saat berkunjung ke Desa Sipangko, pada Rabu (15/11/2023)

Sementara itu Kepala Desa Sipangko Muhammad Azan mengatakan, Kebun Toga Desa Sipangko yang dikelola Ibu ibu PKK, selain bermanfaat pada warga Desa Sipangko, juga sudah menghasilkan secara finansial dengan menjual hasil kebun.

"Kebun Toga kita ini ditanami sekitar 50 jenis tanaman obat obatan. Bunga, daun dan batangnya kita keringkan kemudian kita jual. Memang kita belum terlalu maksimal dalam pengelolaan tanaman obat ini, misalnya diproses menjadi obat obatan atau jamu. Kita baru pada proses pengeringan saja," ujar Muhammad Azan.

Namun demikian kata Muhammad Azan, dengan luas kebun Toga sekitar 10 X 15 meter, sudah memberikan keuntungan bagi PKK Desa Sipangko.

"Satu setengah sampai dua juta rupiah setiap bulannya bisa kita peroleh dari penjualan ini. Ke depan kita akan tingkatkan lagi dengan mengolah tanaman obat ini sehingga bisa langsung dikonsumsi," lanjut Azan Kepala Desa Sipangko.

Tanaman obat yang sangat digemari masyarakat di Kebun Toga Desa Sipangko ini, adalah Sambiloto, Kumis Kucing, Serai, Labu Kuning, Daun Mint, daun Bidara, Daun Seledri dan lain lain.

Dalam kunjungan ke Desa Sipangko ini, Ny Rosalina Dolly Pasaribu yang didampingi Ketua TP PKK Kecamatan Angkola Muaratais Ny Aswid Parmonangan Dalimunte, sempat melakukan dialog dengan seluruh TP PKK Desa Sipangko.

Ny Rosalina Dolly Pasaribu kembali mengingatkan agar anggota PKK terus melakukan upaya maksimal agar Kebun Toga Desa Sipangko bisa lebih meningkatkan manfaat untuk masyarakat desa dan anggota TP PKK.

"Memang Kebun Toga ini awalnya dibuat untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Namun seiring dengan keadaan, ibu ibu PKK harus mampu mengelola tanaman obat obatan ini untuk bisa lebih membantu kesejahteraan keluarga. Misalnya dengan membuat makanan atau minuman kesehatan," ujar Ny Rosalina Dolly Pasaribu.

Dalam pertemuan ini Ny Rosalina Dolly Pasaribu sempat mencicipi minumam kesehatan racikan PKK Desa Sipangko, yang berasal dari Kebun Toga. Minuman kesehatan ini nantinya akan diproduksi ibu ibu PKK untuk dikonsumsi masyarakat secara luas.***