PALAS - Kapolres Padanglawas, AKBP Diari Astetika S.I.K memimpin kegiatan bakti sosial penanaman pohon secara serentak, di Komplek Mako Polres Palas, Rabu (15/11/2023). Penanaman pohon secara serentak sejalan dengan program pemerintah yakni mengurangi risiko bencana, pengendalian perubahan iklim, dan mengatasi kekurangan bahan pangan.
 
“Sinegritas penanaman 10 juta pohon yang dilaksanakan di 34 Polda dan jajaran Polres dengan kegiatan menanaman 100 bibit pohon," ucap AKBP Diari Astetika.
 
Adapun jenis pohon yang ditanam ini, kata Kapolres, jenis mangga 25 pohon, rambutan,25 pohon dan jambu,25 pohon serta durian 25 pohon.Jumlah keseluruhan yang ditanam disekitar Mako Polres sebanyak 100 pohon.
 
"Penanaman pohon ini bertujuan untuk menjaga penghijauan lingkungan sebagai  momentum bagi seluruh anggota Polri untuk bisa berkontribusi di tengah perubahan iklim global," katanya.
 
Dengan menanam pohon,lanjut Kapolres, sedikit banyaknya memberikan kontribusi pada perubahan iklim lebih baik dan lebih hijau.
 
"Satu pohon yang kita tanam, berarti kita telah peduli dengan anak cucu kita kedepan serta peduli lingkungan hidup disekitar kita," imbuhnya.
 
Ditambahkan, dengan menanam pohon banyak,tentu  manfaat yang akan diperoleh, bisa manambah produksi oksigen, mengurangi CO2 dan polutan lainnya.
 
Sebaliknya, sambung Kapolres, jika jenis tanaman buah yang kita tanam, tentu manfaatnya menghasilkan buah dan bisa dinikmati secara bersama.
 
Penanaman pohon ini, selain untuk penghijauan juga bisa mengantisipasi bahaya banjir dan terhindari dari erosi dan lainnya.
 
Kapolres menambahkan, intinya dari kegiatan penanaman pohon ini bertujuan menyayangi alam lingkungan karena  alam pun perlu  disayangi dengan cara  penghijauan lingkungan. 
 
Hadir dikegiatan penanaman pohon serentak, Wakapolres, Kompol Sugianto S.Pd, Kabag Ops, Kompol Alsem Sinaga S.IP, Kasat Reskrim, AKP Hitler Hutagalung SH MH, Kasat Binmas, AKP Rahmad Saleh Nainggolan SH, Kasat intelkam, AKP Sahala Harahap SH dan personel Polres Palas.