SIBOLGA - Wali Kota Sibolga H.Jamaluddin Pohan menandatangani Nota Kesepakatan (MoU) dengan PT. Saebo Technology tentang persiapan implementasi aplikasi Teknologi SM@RT247 pada kegiatan sosialiasi penggunaan Smart Quick Response Kode Indonesian Standard (QRIS) Tahun 2023, Senin (13/11/23). Wali Kota dalam sambutannya sangat mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan ini untuk perubahan transaksi pembayaran dari sistem tunai menjadi non tunai (digital).
 
Ia berharap seluruhnya yang hadir dapat dengan serius mengikuti sosialisasi. Serta mengucapkan terima kasih atas kehadiran Narasumber yang jauh-jauh datang dari Bali untuk membagikan pengalamannya.
 
"Perubahan transaksi ini diharapkan akan memperbaiki pengelolaan keuangan pemerintah daerah menjadi lebih efisien, transparan serta akuntabel dan pada akhirnya dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Dengan adanya elektronifikasi digital di Kota Sibolga akan terjadi pergeseran terhadap transparansi penerimaan PAD melalui OPD penghasil, selanjutnya semua OPD harus harus terintegrasi dalam sebuah kolaborasi teknologi. Saya ingatkan kepada semua OPD terkait agar selalu mengkolaborasikan sistem pencatatan data antara digital dengan manual agar menghindari program saat sistem sedang down," ujarnya.
 
Dalam Laporan Kepala BPKPAD Rahmat Tarihoran, S.T., M.M., disampaikan Maksud dan tujuan pelaksanaan sosialisasi ini sebagai upaya percepatan penerapan elektronifikasi transaksi pemerintah daerah melalui pembayaran dari sistem tunai menjadi non tunai (digital) baik pada transaksi pendapatan maupun belanja disamping juga merupakan bentuk dukungan menuju Sibolga Smart City.
 
Kegiatan ini juga diharapkan dapat memperbaiki pengelolaan keuangan pemerintah daerah menjadi lebih efisien, transparan, serta akuntabel dan pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Kota Sibolga.
 
Hadir dalam acara ini CEO PT Saebo Technology,  Sonny Kastara Dhaniswara  serta Kepala Desa Duda Timur Kab. Karang Asem- Bali, I Gede Pawana S.Ag, M.Fil. H tampil sebagai narasumber. Sosialisasi diikuti para pimpinan OPD, Kabag serta camat dan lurah se-Kota Sibolga.
 
Sebelumnya Wakil Ketua DPRD Jamil Zeb Tumori, S.H., M.A.P., menyampaikan terima kasih atas kehadiran dan bersedia hadir untuk berbagi pengalaman kepada Kepala Desa Karang asem terkait manfaat atau pun kegunaan aplikasi untuk kepentingan masyarakat. 
 
"Dan terima kasih atas semangat bapak Wali Kota Sibolga untuk menuju Sibolga Smart City. Kita butuh keseriusan semua yang hadir untuk mewujudkan ini bukan hanya sekedar ikut sosialisasi," urai Jamil.
 
Perwakilan Pimpinan Bank Indonesia Sibolga dan pimpinan Bank Sumut dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Pemko Sibolga yang telah menginisiasi percepatan digitalisasi daerah serta akan mendukung penuh seluruh upaya percepatan digitalisasi daerah di Kota Sibolga melalui transaksi QRIS.