LANGKAT- Diterjang banjir  cukup besar, akibat  curah  hujan yang tinggi di bagian hulu daerah kawasan  hutan Taman Nasional  Gunung Leuser (TNGL) mengakibatkan jembatan Sei Bekail 
Desa Batu Jongjong kecamatan Bahorok ambruk, Senin  (13/11/2023) sekira pukul 23.00 WIB.
Kejadian ini sempat mengagetkan warga sekitar. Informasi dihimpun, hujan yang turun di sekitar lokasi wisata Batu Katak Desa Batu Jongjong turun sekira pukul 21.00 WIB .

Hujan yang turun tidak terlalu deras, namun diduga di kawasan TNGL bagian hulu justru sebaliknya sehingga debit air meningkat drastis. Derasnya aliran air sungai dibarengi dengan lumpur serta kayu membusuk.

Camat Bahorok Robby Deritawan Sitepu MSP yang dikonfirmasi  Selasa (14/11/2023) membenarkan bencana itu.

Menurutnya malam itu juga warga di sekitar wisata Dusun Batu Katak dievakuasi ke dataran tinggi ke Dusun Inpres Batu Katak menghindari hal yang terburuk.

Namun disaat air sungai surut warga kembali ke rumah dan membersihkan lingkungan pekarangan dari  lumpur dan sampah.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu namun lahan pertanian warga disepanjang jalur sungai Bekail cukup terdampak akibat kerusakan, ujar  Robby.


Selain itu, jembatan Sei Bekail turut ambruk sehingga menyebabkan transportasi  dari wisata Batu Katak menuju kantor Desa Batu Jongjong hingga ke desa Ujung Bandar terputus total.

Warga diimbau lanjutnya, menempuh jalur alternatif dari Simpang Desa Empus, Biak Mampe Desa Kau Damak hingga Desa Ujung Bandar 

"Sudah kita kita koordinasikan  ke Pemkab Langkat melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk mencari solusi percepatan pembangunan jembatan yang ambruk," ujarnya

Robby, bilang pihak BPBD Langkat telah turun meninjau dan melakukan pendampingan evakuasi warga. Bantuan sembako kepada warga terdampak banjir juga telah didistribusikan.

Informasi lain dihimpun menyebutkan selain banjir di Sei Bekail, debit air juga  mengalami peningkatan seperti Sei Bahorok serta sungai-sungai lain.

Kondisi Jembatan Sei Wampu menuju ibukota kecamatan Bahorok dikabarkan meluap drastis bahkan air hingga ke lantai jembatan.