LANGKAT - Banjir besar Sei Bekail Kecamatan Bahorok Senin 13 Nopember 2023 sekira pukul 23.00 WIB tidak hanya menerjang jembatan Batu Katak. Akibatnya transportasi menuju kantor Desa Batu Jongjong hingga ke Desa Ujung Bandar putus total.


Ternyata jembatan gantung Dusun Lau Simpan, Desa Lau Damak, Kecamatan Bahorok yang berada di bagian hilir jembatan Batu Katak tak luput dari terjangan banjir itu.

"Plat lantai jembatan gantung terbuat dari besi meliuk dan dua kabel seling baja juga putus," ujar Kadus Lau Simpan, Alimanuddin saat dikonfirmasi wartawan gosumutcom, Selasa (14/11/2023).

Diterangkan kadus, jembatan gantung dimaksud berukuran 90 Cm X 120 M, menghubungkan Dusun Lau Simpan dengan Ddusun Suka Mulia Desa Lau Damak.

"Benar, urat nadi transportasi produksi masyarakat kedua dusun dan merupakan jalur pintas menuju kantor desa," urai Alimanuddin.

Terpisah Kades Lau Damak, Ngemat Ginting melalui sekretaris desa (sekdes) Hendri Sembiring dikonfirmasi membenarkan musibah itu. Kuat dugaan, material seperti kayu dan sampah hutan nyangkut di jembatan saat banjir, sehingga lantai plat besi meliuk dan kabel seling putus.

"Setelah musibah itu, jembatan gantung masih bisa dilalui warga, dengan ekstra waspada. Namun tidak sedikit juga warga yang mengurungkan niat menyeberang meski hanya dengan sepeda motor karena takut," ungkapnya,.

Meski tidak ada korban jiwa namun lahan warga di sepanjang aliran sungai ikut rusak dan tidak sedikit terlihat tumpukan kayu.

"Masyarakat setempat bermohon dan berharap kiranya pemkab Langkat secepatnya mengambil langkah solusi sehingga urat transportasi kedua dusun terjawab," kata sekdes.*