MADINA - Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman serta Pertanahan (Perkim) Kabupaten Madina, Ruli Andri Lubis mengakui kondisi jalan di lingkungan I Banjar Kobun, Kelurahan Panyabungan II, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) sudah rusak.


Jalan rabat beton di lingkungan itu, kata dia, diketahui mulai dikerjakan pada Agustus kemarin. Namun sekira dua bulan kemudian kondisi jalan tersebut sudah dalam kondisi rusak. Seperti terlihat material pasir dan krikil kecil pada lantai badan jalan itu sudah berserakan dan sejumlah titik lobang pun sudah ditemukan.

Kepala Dinas Perkim Kabupaten Madina Ruli mengucapkan terimakasihnya atas informasi soal kondisi jalan tersebut. Dan Ruli menyampaikan bahwa hari lusa ini rekanan pekerjaan perbaikan jalan itu akan akan datang ke lokasi untuk memperbaikinya.

"Hari Senin diperbaiki pemborongnya Add. Terimaksih atas infonya," kata Ruli dari keterangan yang diterima Gosumut, Sabtu (11/11/2023).

Kemudian Ruli menyebut indikasi kondisi jalan cepat rusak padahal baru hanya berselang 2 bulan diperbaiki. Hal itu katanya disebabkan karena perbaikan jalan setelah siap dikerjakan belum selayaknya dipakai, Namun sudah dilewati oleh kenderaan.

"Biasa'y ini disebabkan pekerjaan rabat beton belum cukup umur beton sdh dilewati kenderaan," ucapnya.

Sementara dari informasi yang dihimpun sebelumnya melalui situs LPSE Madina, perkerjaan atau perbaikan jalan lingkungan I, Kelurahan Panyabungan II, Kecamatan Panyabungan berasa dari satuan kerja Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman serta Pertanahan Kabupaten Madina.

Dan perbaikan jalan itu bersumber dari APBD Kabupaten Madina tahun anggaran 2023. Dengan nilai pagu anggaran sebesar Rp 132.555.000. Bersipat pengadaan langsung dan dimenangkan satu peserta yaitu Naramon Fajri berlamat JL. Tirtosari Nomor 53 Medan, Sumut.

Pihak kontraktor perbaikan jalan itu juga menyebut bahwa sudah memberangkatkan pekerjanya ke lokasi untuk meninjau kondisi jalan itu. Dan ia mengaku bahwa Senin lusa jalan tersebut bakal diperbaiki. Dia mengaku tidak akan lepas tanggung jawab untuk memperbaiki jalan tersebut.

"Ia dek (Saya pemborongnya pekerjaan perbaikan jalan di lingkungan I Panyabungan II). Kita tidak akan lepas tanggung jawab dan tadi saya sudah berangkat tukang pekerja kita untuk surpe lokasi bahwa hari senin ini mau diperbaiki," kata pihak rekanan tersebut.