PALAS - Sekda Kabupaten Padanglawas (Palas) Arpan Nasution, kagum dengan penampilan anggota pramuka tampil dengan semaphore dan isyarat bendera di Lomba Ketangkasan Penggalang (LKP). Menurutnya, penampilan semaphore digunakan sebagai salah satu keahlian yang harus dimiliki dalam kegiatan pramuka.

Kata Sekda, semaphore ini diajarkan pada level pramuka siaga dan penggalang merupakan keterampilan yang dipraktekkan pada acara perkemahan atau perlombaan ketangkasan.

"Penampilan semaphore oleh anggota pramuka penggalang ini, cukup menarik perhatian yang memberi sinyal penyampaian informasi lewat cara melalui posisi bendera atau posisi tangan," ujar Sekda, Kamis (9/11/2023) usai membuka kegiatan LKP Kwarcab Palas di Bumi Perkemahan Torsipira Manuk Surodingin, Desa Sangkilon, Kecamatan Lubuk Barumun

Ditambahkan, melihat warna bendera semaphore punya ciri khas yakni merah dan kuning. Bentuk dari bendera ini adalah hasil penggabungan dari bendera merah dan kuning segitiga sama kaki.

"Walaupun lazimnya berwarna merah dan kuning, bendera ini bisa memiliki perpaduan warna yang lain sehingga enak dipandang mata," tutupnya.

Kegiatan LKP Kwarcab Pramuka Palas diikuti sebanyak 5070 peserta penggalang ditambah pembina, 629 orang. Total peserta yang mengikuti kegiatan tersebut sebanyak 5.699 orang.

Kegiatan LKP berlangsung selama 4 hari dumulai 9-12 November 2023 dengan menggelar berbagai perlombaan antara lain, lomba tata upacara, lomba cerdas tangkas pramuka (LCTP), lomba smaphore.

Selanjutnya, lomba pionering, lomba morse dab lomba memasak sayur dengan bahan labu cina (depang), lomba hapalan surat pendek juz 30 serta lomba azan.