PALAS - Sebanyak 5070 anggota pramuka penggalang dari berbagai gugus depan (Gudep) mengikuti Lomba Ketangkasan Penggalang(LKP) Kwarrir Cabang (Kwracab) Pramuka Kabupaten Padanglawas (Palas). Selain anggota pramuka penggalang,turut juga para pembina pendamping sebanyak 629 orang di kegiatan LKP tersebut. Kegiatan LKP berlangsung selama 4 hari mulai 9-12 November 2023 di Bumi Perkemahan Torsipira Manuk Surodingin Desa Sangkilon, Kecamatan Lubuk Barumun, Kamis (9/11/2023).

Peserta yang mengikuti LKP tersebut, anggota pramuka penggalang tingkat SD dan SMP dengan rincian peserta putra 2.574 peserta dan putri 2.355 peserta.Ditambah Pembina Pendamping Putra 294 orang dan putri sebanyak 33 5 orang.Jumlah keseluruhan yang mengikuti LKP sebanyak 5.699 orang.

Plt Bupati Padanglawas, drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu melalui Sekda, Arpan Nasution sekaligus membuka kegiatan LKP mengatakan,
di era globalisasi dewasa ini,penuh dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Saat ini banyak permasalahan bangsa yang kita hadapi, sebagai benteng dari seluruh permasalahan bangsa ialah dengan menggiatkan kaum muda dengan kegiatan kepramukaan,”katanya.

Kata Arpan, dengan mengikuti kegiatan LKP tentu akan membentuk kaum muda yang berkarakter dan handal serta sanggup menghadapi tantangan globalisasi.

Untuk itu, Arpan Nasution berharap, anggota pramuka dididik untuk mempunyai karakter, sikap mental dan kecakapan hidup atau ketrampilan untuk menghadapi masalah-masalah yang ada, bahkan untuk masa yang akan datang.

"Melalui kegiatan ini tentu banyak manfaat yang dapat dipetik anggota pramuka, terutama kegiatan perkemahan, diantaranya menumbuhkan rasa kebersamaan dan semangat gotong royong dengan etika serta moral yang baik, yang paling adalah hindari narkoba, kenakalan remaja," pesannya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Kegiatan LKP, Hadi Wahyu Mukti Tama mengatakan, kegiatan dilaksanakan dengan tujuan sebagai evaluasi dari hasil latihan di masing-masing gudep.

“Melalui kegiataan ini membangun ajang silaturahmi antara Kwarcab Gerakan Pramuka Palas dengan Pembina dan anggota pramuka penggalang,” ucapnya.

Adapun jenis dan bentuk perlombaan yang dilaksanakan, diantaranya lomba tata upacara, lomba cerdas tangkas pramuka (LCTP), lomba smaphore, lomba pionering, lomba morse dab lomba memasak sayur dengan bahan labu cina (depang), lomba hapalan surat pendek juz 30 serta lomba azan.

Hadir dikegiatan LKP, Ketua Kwarcab Palas, Zainuddin Hasibuan S.Pd.MM, pimpinan OPD, Camat serta Pengurus Kwarcab Pramuka Palas serta Pembina Gudep.