PALAS - Rutan Klas II B Sibuhuan Kanwil Kemenkumham Sumut melaksanakan skrining ACF TBC bagi warga binaan permasyarakatan (WBP). Kegiatan skrining ACF TBC tersebut menindaklanjuti surat edaran Dirwatkeshab Ditjenpas Kemenkumham RI No. PAS.06-PK.06.07-710 tentang Skrining TBC dengan Intervensi Rontgen Dada.

Kepala Rutan Klas II B Sibuhuan Kanwil Kemenkumham Sumut, Elizama Gori, SH melalui Kasubsi Pelayanan Tahanan, Rudi Timbul Halomoan Sinaga, SH, Kamis (9/11/2023) mengatakan, kegiatan skrining ini bertujuan untuk mengoptimalkan angka penemuan kasus TBC secara aktif dan masif pada kelompok komunal yang berisiko tinggi.

Selain itu, lanjut Rudi, bagi yang rentan terhadap penularan dan penyebaran di dalam komunitas khususnya di lingkungan Rutan.

"Kegiatan ini dilakukan bekerjasama dengan antara Rutan Klas II B Sibuhuan dengan Puskesmas Sibuhuan serta Dinas Kesehatan dan Tirta Medical Centre (TMC)," terang Rudi.

Dikatakan, skrining gejala dilakukan oleh petugas Rutan Kelas II B Sibuhuan pada tanggal 8 November 2023 dan skrining Chest X-Ray dilakukan oleh tim vendor X-Ray Tirta Medical Center (TMC).

Sedangkan pemeriksaan sputum TCM,sanbungnya, dilakukan oleh petugas dari Puskesmas Sibuhuan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Palas.

Rudi menambahkan, total target WBP yang dilakukan skrining berjumlah 130 orang.Dari jumlah tersebut didapati data hasil rontgen masing-masing untuk Nilai AI sebanyak 15 orang, Suspek TB di RO, 18 orang, Gejala (+) Xray (+) sebanyak 5 orang, Gejala (+) Xray (-) sebanyak 13 orang, Gejala (-) Xray (+) sebanyak 10 orang, Gejala (-) Xray (-) sebanyak 102 orang.

Ditambahkan, untuk total WBP yang menjalani tes TCM sebanyak 28 orang, kegiatan ini dilaksanakan secara berkelanjutan bagi WBP di Rutan Klas II B Sibuhuan.