MEDAN - Eka Dalanta adalah seorang lulusan Sastra Indonesia dari Universitas Sumatera Utara dengan predikat cumlaude pada tahun 2008. Baru-baru ini Eka Dalanta dinobatkan menjadi Duta Baca Kabupaten Karo periode 2023-2027. Penghargaan tersebut diterima berawal dari perjalanan karirnya menjadi seorang pegiat literasi. Menjadikan hobi sebagai pekerjaan, itulah yang saat ini dilakukan oleh Eka Dalanta. Selain saat ini menekuni pekerjaannya pada bidang literasi dan sastra, Eka Dalanta juga memiliki banyak pengalaman karir. Eka Dalanta pernah menjadi bagian dari tim kreatif dan note taker akselerasi penerbitan Danau Toba yang bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Tak hanya itu, Eka juga aktif menjadi seorang content writer dan copywriter pada beberapa project perusahaan dan film. Tak sampai disitu saja, Eka Dalanta juga pernah menjadi communication specialist consultant dan pengalaman sebagai jurnalis pada beberapa media.

Namun dari semua perjalanan karir yang telah dilalui Eka Dalanta, tetap saja hobi membaca buku dalam dirinya memiliki daya tarik tersendiri baginya. Itulah mengapa akhirnya Eka Dalanta memutuskan untuk mengubah hobi tersebut menjadi pekerjaannya saat ini sebagai pegiat literasi dan sastra. “Hobi itu kan sesuatu aktivitas yang kita senangi, kalau hobi dijadikan pekerjaan artinya kita bisa enjoy menjalankannya” ucap Eka Dalanta.

Menjadi seorang pegiat literasi dan sastra adalah sebuah dedikasi bagi banyak orang, apalagi jika melihat kondisi literasi di Indonesia saat ini yang masih tergolong rendah. Oleh karena itu melalui komunitas yang dibentuk oleh Eka Dalanta dan juga tim pada Ngobrol Buku berharap, dengan adanya forum diskusi ini setidaknya membantu memberikan kesadaran bagi sekitar tentang pentingnya literasi dan juga sastra.

“Ngobrol buku juga punya agenda wajib setiap satu sampai dua bulan sekali untuk membicarakan karya sastra seperti membahas buku-buku yang baru terbit,” ucap Eka Dalanta.

Agenda ini dilakukan untuk mendorong lahirnya pegiat-pegiat literasi muda.

Proses panjang yang dilalui oleh Eka Dalanta untuk menyalurkan forum literasi Ngobrol Buku meraih banyak apresiasi hingga akhirnya komunitas Ngobrol Buku dikenal pada skala nasional. Itulah yang membuat Eka dan tim selalu berusaha untuk berkolaborasi dengan forum-forum literasi di Medan dan juga Indonesia.