PALAS - Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Padanglawas (Palas) menggelar pelatihan berbasis kompetensi (PBK) computer operator assistant di Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) Ponpes Al Mukhtariyah, Kecamatan Barumun. Kadis Naker diwakili Kepala Bidang Pelatihan Kerja dan Produktifitas Tenaga Kerja, Muhammad Idris Mandefa, secara resmi  membuka pelatihan kompetensi computer.
 
"Untuk optimalisasi pelatihan nasional, pemerintah telah membangun balai latihan kerja (BLK) dengan berbagai fasilitas perlengkapan peralatan diberbagai daerah Indonesia," terangnya, Rabu (8/11/2023).
 
Dikatakan, termasuk di  Pondok Pesantren di Indonesia.Untuk Kabupaten Palas sudah dibangun 13 BLKK yang dibangun pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan.
 
Menurutnya, di bangun BLKK dilingkungan Ponpes sebagai wujud perhatian pemerintah untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia (SDM).
 
Ia berharap, kepada peserta yang berjumlah 16 orang untuk mengukuti pelatihan computer selama 26 hari dengan waktu 160 jam pelatihan, dapat diikuti dengan baik.
 
"Komitmen dan konsisten mengikuti pelatihan dengan niat yang tulus, bukan hanya mengejar uang saku dan beragam fasilitas lainnya ,tapi berlatihlah dengan baik untuk lebih berkompetensi dibidang computer," pesanya kepada peserta pelatihan.
 
Ditambahkan, ikuti pelatihan ini dengan disiplin dengan kemauan yang kuat agar meraih kompetensi kerja cerdas dan profesional, bukan sekedar hadir.
 
Tenaga kerja yang kompeten dan profesional katanya, harus memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang baik. Konteks pelatihan ini untuk menguji kemampuan dalam mengerjakan tugas secara konsep dan teoritis.
 
Sedangkan keterampilan merupakan kemampuan mempraktekkan pengetahuan yang diperoleh sehingga menghasilkan produk atau karya yang bermanfaat.
 
Untuk mengenal dan mengetahui apa itu komputer, baik hardware ataupun software gunanya agar mampu mengoperasikannya sehingga dibutuhkan keterampilan pengetahuan yang dituangkan dalam bentuk praktek dan penerapan, tandasnya.
 
Hadir dikegiatan pembukaan pelatihan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Palas, H. Abdul Manan,MA, Ketua Badan Silaturrahim Pondok Pesantren Palas (BSPPL) Fauzan Hamidy Hasibuan; Pimpinan Ponpes Al-Mukhtariyah, Mukhtar Abbas Siregar; Pimpinan Ponpes Ruhul Islam Sialambue, Misbah Fuadi Hasibuan.