PALAS - Kegiatan keagaman seperti tahtim dan tahlil bersama sebelum belajar memulai proses belajar mengajar sudah menjadi rutinitas MTsN 1 Padanglawas (Palas). Seluruh peserta didik Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Padanglawas antusias mengikuti kegiatan  tahtim, tahlil serta doa bersama yang dibimbing para guru madrasah.
 
Kegiatan tahtim dan tahlil  dan doa bersama ini sudah menjadi agenda rutinitas setiap hari Sabtu pagi bagi peserta didik dengan masksud agar mendekatkan diri kepada Allah SWT dan berdoa agar diberi kelancaran dan kesehatan dalam kegiatan memulai pembelajaran.
 
Kepala MTsN 1 Palas, Hj Mahyarni Junida Nasution,S.Pd, MA, Minggu (5/11/2023) mengatakan kegiatan membaca surah Alquran yang diisi dengan tahtim dan tahlil serta doa bersama merupakan suatu hal yang wajib bagi peserta didik di lingkungan madrasah sebelum memulai belajar untuk memperoleh keberkahan ilmu yang akan diberikan guru.
 
"Kegiatan tahtim dan tahlil dipandu oleh guru pembimbing sebagai bentuk membangun jalinan rasa saling menyayangi sesama peserta didik dan guru juga mempererat tali silaturahmi," terangnya.
 
Lebih lanjut, ia menjelaskan kegiatan ini untuk  meningkatkan ketaqwaan sebagai hal yang paling disenangi Allah SWT dan Rasulullah.
 
“Semoga melalui kegiatan tahtim dan tahlil serta doa bersama ini diharapkan membawa keberkahan bagi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran," ujar Hj Mahyarni.
 
Ditambahkan, pembacaan ayat - ayat suci Alquran dan doa bersama ini merupakan program madrasah agar siswa terbiasa dan akhirnya mampu mengingat surah-surah Alquran dengan mudah.
 
Kegiatan kurikulum merdeka belajar ini sudah menjadi  program madrasah untuk  terus melaksanakan kegiatan pembekalan pendidikan agama.
 
Hal ini tidak hanya untuk peserta didik tetapi seluruh guru madrasah juga ikut kegiatan ini untuk mempererat ukuwah islamiyah dan saling mengasihi dengan sesama dalam ikatan silaturrahmi, pungkasnya.