LABUHANBATU - Wakil Bupati Labuhanbatu yang juga Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd.,MM mengikuti Zoom Meeting Review Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting Provinsi Sumatera Utara Tahun 2023, di Ruang Data dan Karya Kantor Bupati. Selasa (24/10/2023). Zoom Meeting Review Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting Provinsi Sumatera Utara Tahun 2023 dipimpin langsung Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara Arief S. Trinugroho dan diikuti oleh Bupati dan Walikota se Provinsi Sumatera Utara.
 
Pada Zoom Meeting tersebut Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara Arief S. Trinugroho mengatakan program percepatan penurunan stunting adalah salah satu dari delapan program penting bapak presiden republik Indonesia Joko Widodo.
 
"Untuk itu, Pemprov Sumut terus berusaha mengambil langkah langkah apa saja dalam menangani percepatan penurunan stunting di Provinsi Sumatera Utara," kata Arief. 
 
Ia juga mengapresiasi Kabupaten/Kota dengan reaksasi tertinggi, ada dua Kabupaten/Kota yang dengan reaksasi tertinggi diantaranya Kota Tebing Tinggi, Kota Sibolga. Untuk dua Kabupaten ada Kabupaten Labuhanbatu dan Tapanuli Selatan.
 
"Kota Tebing Tinggi dengan reaksasi 71, 84%, Kota Sibolga dengan reaksasi 66, 73%, Kabupaten Labuhanbatu dengan reaksasi 60, 89% dan Kabupaten Tapanuli Selatan dengan reaksasi 59,91%," ujarnya.
 
Arief juga meminta kepada Kabupaten/Kota yang reaksasi rendah agar berkoordinasi dengan Provinsi Sumatera Utara. Karna waktu tinggal beberapa bulan lagi, kita pasti bisa memaksimalkan kinerja dengan waktu yang cukup singkat ini.
 
"Jadi saya minta Kabupaten/Kota untuk berkoordinasi dengan Pemprov Sumut, agar target penurunan stunting di tahun 2023 tercapai," tutup Arief.
 
Sementara, Wabup yang juga sebagai ketua TPPS Labuhanbatu menyampaikan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu akan terus berupaya menekan penurunan stunting di Kabupaten Labuhanbatu.
 
"Pemkab Labuhanbatu akan terus bekerja secara maksimal demi menekan penurunan stunting, untuk mewujudkan generasi emas di tahun 2045." tegas Wabup.
 
Turut hadir Protokol, Kepala BP2KB Hj. Mahrani SKM, Plt Diskominfo Ahmad Fadly Rangkuti ST.,M.Kom, Sekretaris TPPS Hobol Z Rangkuti, Kepala BPKAD Salman Alpharisiidan Tamu Undang.