MADINA - Wakil Ketua DPRD Sumut, Harun Mustopa Nasution menggelar reses I masa sidang V 2023-2024 di daerah pemilihan Sumut 7. Reses kali ini digelar di Kecamatan Panyabungan bertempat di Posko Gerindra Kabupaten Madina Desa Gunung Tua Panggorengan, Kamis (19/10/2023). Dalam reses tersebut turut dihadiri Ketua DPC Partai Gerindra Madina, Erwin Efendi Lubis yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Madina. Dan sejumlah anggota DPRD dari fraksi partai Gerindra, Zaunuddin Nasution dan Suhandi juga menghadiri reses Wakil Ketua DPRD Sumut tersebut.
 
Pada kegiatan penyampaian aspirasi itu pun warga Kecamatan Panyabungan khusunya Desa Gunung Tua Jae mengeluhkan saluran irigasi tersebut yang sudah terjadi bertahun tahun. Sehingga pegaliran air ke ladang sawah warga menjadi terganggu.
 
Ditamabahkan ketua DPRD Madina Erwin Efendi Lubis, kondisi saluran irigasi yang tidak berfungsi selama kurun waktu yang cukup lama membuktikan telah membuat warga susah khusunya para petani.
 
Erwin pun tak menyangkal bahwa selama ini baik dari lembaga maupun pemerintah daerah sudah beberapa kali membuat surat terhadap pemerintah Sumut baik bertemu langsung ke instansi berwenang terkait kondisi saluran irigasi yang tidak berfugsi sebagaimana mastinya.
 
Kemudian dengan kondisi seperti itu, Erwin meluapkan kekecewaannya terhadap pemerintah Sumut yang seolah olah tidak peduli kepada kepentingan masyarakat di daerah.
 
"Maaf cakapnya pemerintah Provinsi ini bebal tidak perduli kepada kepentingan daerah. Mandailing Natal sudah dua setengah tahun tidak bertani hanya gara gara saluran irigasi," imbuhnya.
 
"Saya dengan bang Harun (Wakil Ketua DPRD Sumut) sudah pernah menyampaikan kepada Dinas supaya (perbaikan saluran irigasi yang tidak berfugsi) diproritaskan. Dan jadi kalau provinsi tidak mampu buat aja pengalihannya kepada daerah supaya itu menjadi tanggung Jawab daerah, dan jangan gagah gagahan mampu tapi tidak dilaksanakan yang pada akhirnya masyarakat yang terabaikan," tandas Erwin.
 
Sementara itu, Harun Mustafa dalam sambutannya menyampaikan titip salam dari Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto kepada masyarakat Madina.
 
Harun juga menerangkan bahwa Ayah dari Menteri Pertahanan itu pernah tinggal dan menetap di salah satu desa di Kabupaten Madina yaitu di Desa Ranto Natas, Kecamatan Panyabungan Timur.
 
"Assalamualaikum, kata Pak Prabowo untuk kita semua dan perlu kita ingat bahwa ayah dari Ketum kita Pak Prabowo bahwa juga pernah tinggal di Kabupaten Mandailing Natal ini yaitu di desa Ranto Natas," kata Harun.
 
Kemudian dia menjelaskan dalam kurun empat tahun masa jabatannya di kursi DPRD Sumut telah banyak menggiring program bangunan atau bantuan ke Madina.
 
"Baik itu untuk pembangunan sekolah, masjid, maupun di bidang ternak dan pertanian," imbunya.
 
Dan soal keluhan warga mengenai saluran irigasi di Kabupaten Madina kata Harun bahwa pihaknya sudah pernah melakukan rapat penindaklanjutan perbaikan. Dan saat ini tinggal menunggu anggaran untuk perbaikan saluran irigasi tersebut.
 
"Dan ini sudah saya diskusikan bersama atap saya yang ikut rapat dengan Balai dan dinas kemaren, kemudian program (perbaikan saluran irigasi itu) sudah kita masukkan dan saat ini sedang memperjuangkan anggarannya mudah mudahan tahun ini," ujar Harun 
 
Kemudian reses Wakil Ketua DPRD Sumut dari besutan partai Prabowo itu membagikan beras dengan kemasan 5 kilogram. Sebagai bentuk kehadiran ditengah masyarakat disaat harga pangan melambung.