TOBA - Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kecamatan Siantar Narumonda Kamis, (19/10/2023) berlangsung di 3 Desa yakni Desa Narumonda III, Desa Narumobda IV dan Desa Siantar Tongatonga III. Kontestasi pelaksanaan pesta demokrasi pemilihan kepala desa di Kecamatan Siantar Narumonda sedikit berbeda dengan beberapa desa se Kabupaten Toba yang menggelar Pemilihan Kepala Desa.
 
Dimana salah satu peserta pemilihan Kepala Desa di Kecamatan Siantar Narumonda di ikuti salah satu Anggota PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) Siantar Narumobda Pemilu 2024 Januar Marpaung untuk Calon Kepala Desa Narumonda III.
 
Untuk peserta Calon Kepala Desa di pemilihan Kepala Desa Narumonda III di ikuti Dua Calon Kepala Desa Januar Marpaung Anggota PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) Siantar Narumonda Pemiku 2024 dengan Nomor Ururt 2 dan Wisman Manurung dengan Nomor ururt 1 (Incumbent).
 
Pemilihan Keoala Desa Narumonda IV di ikuti Dua Calon Kepala Desa Sakkan Simangunsong dengan Nomor urut 1 (Incumbent) dan Viktor Santosos Simangunsong dengan Nomor ururt 2.
 
Untuk calon Kepala Desa Siantar Tongatonga III juga diikuti Dua Peserta Calon Kepala Desa Efendy Siahaan dengan Nomor urut 1 (Incumbent) dan Depana Napitupulu dengan Nomor urut 2.
 
Pelaksanaan pemberian hak pilih oleh masyarakat pemilih sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT) dimasing masing desa secara resmi di tutup tepat pukul 14.00 Wib dan langsung dilaksanakan Penghitungan surat suara.
 
Dalam perhitungan surat suara hasil pemilihan Kepala Desa Narumonda III berhasil dimenangkan Januar Marpaung dengan perolehan suara sah 202 suara untuk Wisman Manurung berhasil meraih suara sebanyak 132 Suara sah.untuk surat suara yang batal 7 surat suara dari 341 pemilih yang hadir memberikan hak pilihnya dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) 434 orang Pemilih.
 
Untuk pemilihan Kepala Desa Narumonda IV suara sah terbanyak berhasil diaraih Incumbent Sakkan Simangunsong sebanyak 240 suara sah sedangkan Viktor Santoso Simangunsong berhasil meraih suara sah sebanyak 195 Suara dari jumlah pemilih yang hadir memberikan hak pilihnya sebanyak 442 orang dari total jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 569 orang berikut dengan suara tidak sah 7 surat suara.
 
Desa Siantar Tonga-tonga III berhasil dimenangkan Efendy Siahaan Nomor urut 1 (Incumbent) dengan perolehan suara sah 109 suara, sedangkan Depana Napitupulu nomor urut 2 meraih suara sebanyak 100 Suara, dari jumlah pemilih yang hadir memberikan hak pilihnya sebanyak 210 orang dari 263 Daftar Pemilih Tetap (DPT) dengan surat suara tidak sah 1 surat suara.
 
Camat Siantar Narumonda Evendy Marpaung,ST didampingi Kasi Tata Pemerintahan Belman Tambunan,SE saat dikonfirmasi www.gosumut.com menyebutkan di kantor Kecamatan Siabtar Narumonda menyampaikan, untuk pelaksanaan pemilihan Kepala Desa di 3 Desa sekecamatan Siantar Narumonda (Desa Narumonda III, Narumond IV dan Siantar Tongatonga III) berjalan aman, lancar dan kondusif.
 
Disebutkan Evendy, selama pelaksanaan tahapan pemilihan kepala desa mulai dari awal hingga selesainya perhitungan surat suara tetap dalam pemantauan dan pengawasan Forkopimcam Siantar Narumonda.
 
Pantauan www.gosumut.com di 3 desa yang melaksanakan Pemilihan Kepala Desa untuk pengawalan dan pengamanan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa di setiap desa dijaga dan dikawal dari personil Kepolisian Polsek Porsea dan personil jajaran Polres Toba serta dibantu kerja sama dengan personil TNI AD Koramil 13 Porsea berikut personil Sat Pol PP Kabupaten Toba di komando Risma Sitorus Kabid Linmas Sat Pol PP Kabupaten Toba.