TOBA - Rombongan panitia peringatan Hari Ulos Nasional ke - IX Tahun 2023 bersama Pengurus Yayasan Pusuk Buhit yang membawa gulungan Ulos Batak sepanjang 1000 meter, tiba di Mako Polres Toba, Senin 16/10/2023) petang. Kehadiran rombongan disambut langsung Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb,S.H,S.I.K. Sebelum rombongan tiba, Ulos Batak sepanjang 1000 meter ini telah diarah di kota Balige. 
 
Setibanya rombongan di Mako Polres Toba, Kapolres Toba bersama jajarannya didampingi panitia membentangkan Ulos Batak di Lapangan Apel Markas Komando (Mako) Polres Toba.
 
Kapolres Toba AKBP menuturkan, moment ini adalah sebuah kehormatan dan kebanggaan tersendiri bagi suku Batak dan masyarakat Toba, khususnya Polres Toba. 
 
Orang nomor satu di Polres Toba sosok Perwira yang memangku dua teratai emas di pundaknya ini juga menegaskan, pihaknya mengapresiasi pagelaran perayaan Hari Ulos Nasional ke IX tahun yang diperingati setiap 17 Oktober.
 
Ulos Batak sebutnya merupakan hasil maha karya leluhur suku Batak yang terwariskan secara turun temurun dengan silsilah keturunan adat budaya Batak agar lebih di kenal hingga mendunia. 
 
"Kita berharap untuk ke depannya jangan sampai ada yang mengklaim bahwa ulos ini dari mana mana namun yang jelas dan pasti ulos ini asli berasal dari tanah Batak," sebutnya.
 
Ia juga sangat mengapreasiasi kegiatan tersebut dan berharap
ulos Batak ini dikenal dunia internasional. "Kita sebagai masyarakat Indonesia yang memiliki keberagaman akan kekayaan etnik budaya di nusantara ini lebih bangga dan semakin lebih menghargai, khususnya bagi suku Batak untuk semakin lebih menghargai dan menghormati maha karya leluhurnya melalui maha karya inilah terlahirkan sikap saling menghormatii, menghargai, saling kasih mengasihi yang menciptakan rasa persaudaraan yang erat yang menciptakan persatuan dan kesatuan sebagaimana semboyan bangsa kita Bhineka Tunggal Ika," ujarnya. 
 
"Dengan kegiatan ini, kita harapkan semoga setiap tahunnya bisa melaksanakan kegiatan memperingati Hari Ulos Nasional," ucap Kapolres.
 
Dalam kesempatan ini AKBP Taufiq Hidayat juga mengajak rombongan panitia pelaksana dan pengurus yayasan Pusuk Buhit berziarah ke Sumur Bertuah Raja Sisingamangaraja XII yang berada tepat di samping Mako Polres Toba.
 
Melalui ziarah sumur bertuah Raja Sisingamangaraja XII AKBP Taufiq Hidayat mengajak seluruh rombongan panitia pelaksana dan masyarakat luas untuk lebih mengenang dan mengingat akan jasa dan sejarah perjuangan Raja Sisingamangaraja XII akan suku Batak secara khusus Bangsa Indonesia.
 
Ia juga berharap di tahun depan acara perayaan hari ulos nasional ini dirayakan dan diperingati lebih semarak dan meriah lagi.