MEDAN - Ikatan Alumni SMA Labuhan Deli/SMAN 18 Medan/ SMAN 9 Medan (Ika Smandellan), menggelar syukuran ke 13 serta bakti sosial di SMK Pelayaran Samudera Indonesia Komp Yuka Kel Terjun Medan Marelan, Minggu (15/10/2023). Beragam rangkaian kegiatan bertema 'Kokohkan kebersamaan, tingkatkan kepedulian' ini di antaranya santunan anak yatim, donor darah yang berkerjasama dengan Lions Club, pemeriksa gula darah, periksa mata katarak, konsultasi phisikologi dan penanaman bibit pohon di tepi sungai dan sekolah SMAN 9 Medan.
 
Selama acara berlangsung peserta disuguhi hiburan, dan doorprize dengan total hadiah Rp 5 juta. Panitia juga menyediakan makanan dan minuman gratis dari seluruh Stand Makanan yang tersedia selama acara. Mulai dari juice, siomay, mie rebus, kacang-kacangan hingga parfum. 
 
Dalam siaran persnya, Selasa (17/10/2023), Ketua Panitia Indra Budianto dari alumni Angkatan 1998 mengatakan peringatan ulang tahun Ika Smandellan ini selain menjadi ajang silaturahim dari semua angkatan juga merupakan momen untuk mempersatukan seluruh alumni, tanpa mengenal status sosial dan jabatan. 
 
“Kami berharap kegiatan HUT Ika Smandellan yang baru pertama kali kita laksanakan ini, tidak hanya menjadi momen untuk mengenang masa-masa indah di masa sekolah dulu, tapi harus memiliki makna yang lebih penting, yakni menjadi momen untuk mempersatukan kita seluruh alumni, menjalin silaturahmi tanpa mengenal status dan jabatan," ujar Indra. 
 
Ketua Ika Smandellan Yusrizal sebelum memotong tumpeng mengatakan kolaborasi dari semua Alumni dapat menciptakan karya-karya besar. 
 
Yusrizal juga menekankan agar hubungan antar alumni dapat terjalin dengan baik tanpa membedakan status sosial.
 
“Saya berharap kita bisa melebur menjadi satu dalam satu atap yang bernama Ika Smandellan tanpa membedakan status sosial maupun jabatan," ujarnya. 
 
Sementara itu kepala sekolah SMAN 9 Medan Ade Melinda merasa bersyukur bisa bertemu dengan alumni dari semua angkatan. Ade berharap alumni bisa membantu mengharumkan nama baik sekolah.
 
“Karena salah satu faktor yang membuat nama baik sekolah itu baik adalah dari alumninya” ungkap Ade.
 
Hadir dalam kegiatan ini tokoh Muda Sumatera Utara Darwis Harahap, Prof. Dr. Triyono Eddy SH MH, Direktur Pasca Sarjana UMSU, Kapolres KP3 Belawan yang diwakili AKP Ponijo SIP, Ketua Ikasmandellan priode sebelumnya Prof. Sutarman, Pembina ika smandellan (1971) Abdul Chalik. 
 
Sebagai sekolah yang sudah cukup lama berdiri, SMAN 9 Medan yang dulu Bernama SMA Labuhan Deli memiliki beberapa alumnus yang memegang jabatan strategis di Kota Medan dan Nasional. Di antaranya, Mantan Janwas Kejagung RI M.Yusni, Kepala Regional Head I Yarham Harid, Hasil sembiring, Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementan RI, Anggota DPRD Medan Hendra DS, Mantan Camat Medan Belawan, Ahmad (Ucok).