TOBA - Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb SH, S.I.K menghadiri pesta Pembangunan Gereja GKPI Aek Bolon Resort Balige, Minggu (8/10/2023). Kapolres menyebutkan undangan ini merupakan kehormatan dan secara pribadi sangat senang bisa hadir di acara tersebut.

AKBP Taufiq Hidayat juga menyampaikan dalam bekerja tidak hanya berkata dan berjanji nanti. Namun langsung datang dan bersama sama merancang program yang akan dilaksanakan. 

"Di waktu pertama di saat saya datang bersama Wakil Bupati Toba Tonny M Simanjuntak ke tempat ini, saya kaget melihat bangunan gereja tersebut dengan kondisi yang sangat memprihatinkan," ucap AKBP Taufiq Hidayat.

Melihat hal itu, secara pribadi lanjutnya, ia tersentuh. Karenanya dengan menggunakan filosofi dan juga pribadinya orang Batak.

"Toba apa itu Saling Peduli, maka itu saya pegang kata kata tersebut sampai saat ini. Karena saya ingin jemaat di gereja ini jangan sampai kepanasan tapi saya ingin jemaat GKPI Aek Bolon ini buat yang nyaman dalam melaksanakan ibadahnya setiap saat," ujarnya.

Ia juga mengajak seluruh jemaat GKPI Aek Bolon Balige, jika gereja sudah selesai di bangun, harus rajin melaksanakan ibadah sesuai tatanan agamanya. Jangan hanya gerejanya yang bagus tetapi jemaatnya tidak ada dan malas beribadah.

"Mari kita peduli dengan sesama," ucap Kapolres.

Ia menjelaskan, pembangunan Gereja GKPI Aek Bolon Kecamatan Balige bukan hanya karenanya. Melainkan kerja sama dan kepedulian semua, dan tentunya tidak luput atas berkah dan petunjuk dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

"Amang inang, saya akan membantu semampu saya, dan sekuat saya. Ini merupakan berkat doa semuanya dan saya pastikan nanti kita bulan Desember ini bisa merayakan Natal dan Tahun Baru di GKPI Aek Bolon ini. Apa pun namanya dan apa pun doanya semata ini buat masyarakat," ungkapnya. 

Ia bersama Wakil Bupati lanjutnya, bukan hanya membangun gereja tapi juga rumah - rumah masyarakat yang minta bantuan.

"Kita sudah ada 3 rumah yang kita bangun yang tersebar di Kabupaten Toba tapi itulah ciri khas filosofi orang Batak dan  karakteristik salam Batak Naraja. Tugas saya sebagai Kapolres Toba apa saja yang saya jalankan adalah bagaimana filosofi orang Batak Toba dan bagaimana pribadi Batak Toba sesuai dengan salam Batak Naraja yaitu beragama yang taat, taat hukum, saling peduli, dan belajar lebih pintar," ujarnya.

Ia pun mengajak untuk saling Peduli dalam berbagai perbedaan dan keberagaman serta menjelankan ibadah agama dengan baik.

"Alhamdulillah tadi saya masuk dan liat bahwa gereja ini sudah sangat luar biasa," ujarnya.

Orang nomor satu di Polres Toba ini yang memangku dua teratai emas di pundaknya itu juga mengatakan ingin memiliki teman-teman yang mempunyai sifat keperdulian dengan sesama sangat tinggi, tanpa memandang apa pun agamanya.

"Memang ada banyak orang yang bertanya, kan Bapak Kapolres orang Muslim dan kenapa harus mau membangun gereja. Tidak ada salahnya karena kita itu negara Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika. Yang paling penting adalah bagaimana caranya kita membangun persatuan dan kesatuan dengan kebersamaan," imbuhnyà.

Kapolres yang hadir bersama istrinya, Ketua Bhayangkari Cabang Polres Toba, Ny Desy Taufik Hidayat Thayeb, sangat bangga bisa hadir di Pesta Pembangunan Gereja Aek Bolon ini. 

"Mohon Doa nya Bapak dan Ibu semuanya yang hadir di sini biar pembangunan gereja ini cepat selesai dan saya pastikan gereja ini nantinya akan Nyaman buat jemaat GKPI dalam beribadah. Saya bersama Bapak Wakil Bupati Toba akan hadir di Malam Natal di Gereja GKPI Aek Bolon ini. Saya ingin melihat semuanya pada saat merayakan Natal nanti wajahnya berseri seri lagi," ujarnya .

Sementara Ketua Pembangunan gereja yang juga Guru Jemaat, Tumbur Tumanggora menyebutkan pembangunan ini didukung penuh Kapolres Toba, AKBP Taufiq Hidayat Tayeb SH, S.I.K bersama Rutan Klas II Balige dan Pemkab Toba. 

"Terimakasih banyak Bapak Kapolres atas dukungan penuh dari bapak terhadap pembangunan gereja ini," kata Tumbur Tumanggor. 

Mendengar hal tersebut, Bupati Toba Ir Poltak Sitorus mengapresiasi dan menyampaikan gereja ini dibangun dengan semangat  Bhinneka Tunggal Ika. 

"Kapolres Toba lah yang pertama kali datang ke sini dan bersama sama dengan warga jemaat melakukan pembersihan tempat ini," ujarnya

Walaupun berbeda agama tapi harus saling peduli dengan sesama. "Inilah yang ditunjukkan Kapolres Toba," ujar Poltak Sitorus.

Selain mendukung pembangunan gereja, Pemerintah Kabupaten Toba juga akan terus mendukung kemajuan Desa Aek Bolon melalui sektor pariwisata, pertanian dan pendidikan, sambungnya.

Turut Hadir di antaranya, Wakil Bupati Toba Tonny Simanjuntak SE, Sekjen GKPI Humala Lumban Tobing S.Th, Pdt Resort GKPI Balige Pdt Dolok Saribu S.Th, Kabag Sumda Polres Toba Kompol Berman Simarnata S.H.

Kasi Propam Polres Toba AKP S. Sijabat, Kasi Humas Polres Toba AKP B. Samosir, Kasiwas Iptu I. Manik, Ps. Kabag Log AkP S. Simanjuntak, Kepala Rutan Balige yang diwakili Kabid Pembinaan, E.R Tambunan, Camat Balige Pantun Pardede.