TOBA - Barisan para sahabat, kolega dan rekan kerja dari Korpri Pemkab Toba memanjang memadati sepanjang jalan menunggu antrian untuk menyalami keluarga yang sedang berduka, atas kepergian salah seorang ASN di jajaran Pemkab Toba, Alonso Finn Manik yang disemayamkan di rumah duka, Jl. Jambu No. 7, Kelurahan Balige III, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba pada Sabtu (30/9/2023) siang. Dalam acara penyampaian kata duka dan salam perpisahan terakhir kepada almarhum yang disampaikan langsung oleh Sekretaris Daerah, Augus Sitorus. Organisasi Korpri juga memberikan penghormatan terakhir untuk jenazah Alonso Finn Manik yang dipimpin oleh Lahsa Manullang diiringi lagu 'Bagimu Negeri'. 
 
Isak tangis para rekan kerja dan sahabat mengiringi penghormatan itu. Namun sebelum memberikan penghormatan terakhir, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Toba, Rusti Hutapea lebih dulu membacakan riwayat pendidikan dan pengabdian almarhum semasa hidupnya sebagai abdi negara. 
 
Dalam riwayat yang dibacakan, almarhum Alonso Finn Manik memulai karir sebagai CPNS di lingkungan Pemkab Toba pada tahun 2010 sebagai Staf Seksi Pengendalian dan Pengujian di Dinas PUTR. Di tahun 2014 almarhum dipercaya menjadi Kepala Sub Bagian Umum dan Perlengkapan di Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman. 
 
Almarhum yang semasa dinasnya dikenal sebagai seorang pemikir yang cerdas dengan berbagai ide-ide brilian kemudian dipercaya menjadi Kepala Bidang Perumahan pada Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman pada tahun 2022. 
 
Bupati Toba, Poltak Sitorus yang menjadikan sektor pariwisata sebagai top prioritas di Kabupaten Toba kemudian menarik almarhum untuk bertugas di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata sebagai Kepala Bidang Destinasi dan Industri Pariwisata pada tahun 2023. 
 
Bukan tanpa alasan, Poltak Sitorus mempercayakan jabatan tersebut karena memang alumni Yayasan Tunas Bangsa Soposurung ini dikenal gigih dan selalu melahirkan berbagai ide brilian, utamanya dalam hal perencanaan. Hal itu tidak lepas dari bidang keilmuan almarhum dalam dunia arsitektur. 
 
"Selamat jalan rekan kami, Alonso Finn Manik. Tugas dan pengabdian mu telah usai. Kami akan terus melanjutkan semua yang kita cita-citakan selama ini untuk Kabupaten Toba ke depan. Terimakasih untuk pengabdian dan kontribusi yang telah engkau berikan selama ini. Selamat jalan, damailah bersama Bapa di Surga," kata Audi Murphy O. Sitorus, Ketua Korpri Kabupaten Toba dalam kata perpisahaan. 
 
Alonso Finn Manik menghembuskan nafas terakhirnya pada Kamis (28/9/2023) di RS HKBP Balige karena penyakit yang dideritanya selama ini. Almarhum meninggalkan seorang istri dan dua orang anak.