ASAHAN – Sukarelawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Ustaz Sahabat (Usbat) Ganjar menggelar kajian keislaman terkait puasa Senin Kamis, kepada masyarakat dan jamaah Majelis Taklim Istiqomah, Desa Sei Nangka, Kecamatan Sei Kapayang, Kabupaten Asahan, Koordinator Wilayah Usbat Sumut, Ustaz Syabrun mengatakan, seseorang yang menjalankan puasa Senin Kamis akan mendapat kedamaian dan memberikan banyak manfaat lainnya. 
 
“Maka hal yang baik ini kami syiarkan, kami berharap dalam waktu menjelang Pemilu ini masyarakat juga mendapatkan kedamaian,” kata Ustaz Syabrun, Kamis (28/9/2023). 
 
Sementara itu, Penceramah Ustaz Dadang Hidayat menyebut puasa Senin Kamis dapat membuat seseorang menjadi lebih peka terhadap lingkungan sosial, dapat mengontrol diri, dan lainnya. 
 
“Puasa Senin Kamis secara Islam maupun medis ini banyak manfaatnya. Jadi, Ketika orang melakukan ibadah puasa tersebut tentu bisa mengontrol diri dan meningkatkan kepekaan sosial,” ujar Ustaz Dadang. 
 
Ustaz Dadang pun mengajak para peserta kajian yang hadir untuk mencoba menerapkan ibadah puasa Senin Kamis agar merasakan manfaatnya secara langsung. 
 
“Insyallah juga jika orang puasa Senin Kamis dapat menentukan arah dan sikap seperti apa. Insyaallah perkataan, perilaku, dan pilihan tidak akan salah,” sambungnya. 
 
“Begitu pula dari sisi medis, puasa Senin Kamis dapat mencegah penyakit diabetes, menghilangkan lemak tubuh, meningkatkan fungsi otak, dan masih banyak lainnya,” tutupnya. (*)