PALAS - Siswa dan siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Padanglawas Plus Keterampilan dan Riset dikukuhkan menjadi duta moderasi beragama. Kegiatan pengukuhan siswa/siswi MAN 1 Padanglawas menjadi duta moderasi beragama itu dihadiri langsung Tenaga Ahli Menteri Agama, Hasan Basri Sagala.
 
Hasan Basri Sagala, Jumat (29/9/2023) usai mengukuhkan duta moderasi beragama, mengajak seluruh peserta didik untuk cinta terhadap tanah air, karena yang menjadi tugas duta moderasi beragama ini cukup dengan mencintai, menyayangi, dan memelihara keutuhan bangsa dan negara.
 
Kata Basri Sagala, duta moderasi beragama ini ditujukan untuk seluruh peserta didik sekolah Madrasah Aliyah yang ada di Kabupaten Padanglawas.
 
Ia juga berharap, duta moderasi beragama ini mampu mengajak para siswa menghindari konflik perpecahan di sekolah.
 
Selain menghindari dan menjauhi sikap kekerasan, lanjutnya, baik di lingkungan sekolah, dengan tetangga, maupun dengan kelompok lain ataupun dengan agama lain. 
 
"Bagaimanapun sikap kekerasan akan menghasilkan sebuah perpecahan di Kabupaten Padanglawas," jelasnya.
 
Hasan Basri Sagala menambahkan, moderasi beragama memiliki peranan penting dalam menyatukan Indonesia dengan prinsip penghormatan terhadap perbedaan dan penghargaan budaya lokal.
 
Sementara itu, Kepala MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset, Hj Mahnidar Azwarni Nasution, S.Ag berpesan, agar siswa yang dikukuhkan menjadi duta moderasi beragama dapat berkontribusi untuk kemajuan pendidikan di lingkungan madrasah.
 
"Jadilah duta moderasi beragama yang memberikan dampak positif bagi kehidupan toleransi beragama," pungkasnya.