BANDUNG - Ketua Umum (Ketum) terpilih PWI Pusat periode 2023-2028 Hendry Ch Bangun hasil kongres XXV 2023 di Bandung, Rabu (27/9/2023) tengah malam memiliki 10 program prioritas. PWI akan dijadikan rumah bersama bagi seluruh anggota meningkatkan pemahaman ideologi kebangsaan. Ke 10 program prioritas itu disampaikan Hendry Ch Bangun dihadapan ratusan wartawan dari perwakilan seluruh provinsi se Indonesia dalam agenda penyampaian visi dan misi. Dengan lugas Hendry CH Bangun mengatakan selain pemahaman ideologi kebangsaan PWI juga pemahaman manajemen organisasi bagi pengurus dan kaderisasi secara berjenjang sebagai calon pemimpin masa depan.

Disampaikan, Hendry Ch, adapun alasan untuk menjadikan PWI rumah untuk meningkatkan kedaulatan bangsa mengingat saat ini wartawan tidak lagi memahami kebangsaan. “Saat ini belum terlaksana, kita hanya asik dengan profesi kita sendiri,” Hendry.

Selanjutnya kata Hendry, ke depan akan menjalankan peran aktif pers di bidang politik, ekonomi, sosial dan budaya.

Diketahui, melalui persaingan ketat dan setelah melewati proses pemilihan putaran ke dua hingga tengah malam, Hendry Ch Bangun berhasil terpilih menjadi Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat periode 2023-2028 hasil Kongres XXV PWI Tahun 2023 di eL Hotel Bandung, Rabu (27/9/2023) dini hari sekitar pukul 1.18 Wib.

Kemenangan Hendry Ch Bangun diperoleh setelah berhasil unggul memperoleh 47 suara mengalahkan Atal S Depari 41 suara yang merupakan petahana (Ketua PWI Pusat periode 2018-2023). Pemilihan putaran ke dua terpaksa dilakukan karena pada putaran pertama yakni 3 calon tidak ada memperoleh suara 50 persen + 1 dari jumlah 88 suara yang tersedia.

Pada putaran pertama, ke 3 calon tersebut yakni Atal S Depari hanya mendapat 40 suara, Hendry Ch Bangun mendapat 39 suara sedangkan Zulmansyah Sekedang mendapat 9 suara. Karena dari 3 calon tidak ada mendapat suara 1/2 + 1 dari 88 jumlah suara, maka dilakukan pemilihan putaran kedua setelah rapat skor 15 menit.

Rapat dipimpin Lutfil Hakim (Ketua PWI Propinsi Jawa Timur) bersama Farianda Putra Sinik SE (Ketua PWI Sumut) dan Syamsir Hamejan (Sekretaris PWI Propinsi Maluku Utara).*