MEDAN - Sebanyak 1.000 orang dari 11 Kwartir Cabang (Kwarcab) se Provinsi Sumatera Utara, perwakilan Satuan Karya (SAKA) Pramuka dan perwakilan SMU/SMK menyemarakkan pelaksanaan Perkemahan Bakti Daerah (PERTIDA) Saka Bakti Husada (SBH) Tingkat Provinsi Sumatera Utara di Taman Pramuka Deli Serdang Lubuk Pakam mulai dari tanggal 20 Juli sampai 23 Juli 2023.

Kegiatan ini terselenggara atas kolaborasi Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara bersama Gerakan Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Sumatera Utara.

PERTIDA SBH SUMUT merupakan pertemuan anggota Saka Bakti Husada se-Sumatera Utara yang dilaksanakan setiap 5 tahun sekali dengan melakukan kegiatan yang inovatif dan rekreatif serta mengandung unsur bakti masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera, dr. H. Alwi Mujahit Hasibuan, M. Kes. dalam laporannya di Upacara Pembukaan PERTIDA SBH Sumut menerangkan, untuk Tingkat Provinsi Sumatera Utara, PERTIDA SBH dilaksanakan terakhir kali pada tahun 1985.

“Kami laporkan kepada Ketua Majelis Pembimbing Daerah Pramuka Sumatera Utara bahwa PERTIDA SBH terakhir dilaksanakan pada Tahun 1985 dan tahun ini kita selenggarakan kembali dengan semangat menggelorakan Kesakaan Bakti Husada dan diharapkan dapat dilanjutkan secara reguler,” ujar dr. H. Alwi Mujahit Hasibuan, M. Kes.

Menurut Alwi, Saka Bhakti Husada kembali diaktifkan sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran para pemuda yang tergabung dalam wadah Pramuka terhadap pentingnya berprilaku hidup bersih dan sehat, termasuk menghindari narkoba dan berupaya memeranginya di kalangan remaja dan pemuda.

"Hal ini sebagai wujud komitmen kita semua untuk berupaya melawan narkoba di Provinsi Sumut," terangnya.

Dia juga mengharapkan, seluruhnya peduli dan bergerak melawan narkoba sesuai dengan profesi, lingkup tugas dan kewenangan masing-masing.

"Semoga Sumut bebas narkoba," harapnya.

Edy Rahmayadi selaku Ketua Majelis Pembimbing Pramuka Sumatera Utara diwakili Sekretaris Majelis Pembimbing Pramuka Sumatera Utara bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Pembukaan PERTIDA SBH SUMUT. Ketua Majelis Pembina menyampaikan, Kepramukaan termasuk Saka Bakti Husada adalah kegiatan yang sangat positif untuk perkembangan generasi muda.

“Perkemahan Bakti Daerah Saka Bakti Husada diharapkan mampu menggalang persaudaraan, meningkatkan pengetahuan, menambah pengalaman, keterampilan dan wawasan dalam membangun diri dan prestasi Pramuka Penegak dan Pendega anggota Saka Bakti Husada”, dalam arahan Ketua Majelis Pembimbing Pramuka Sumatera Utara yang dibacakan Sekretaris Majelis Pembimbing Pramuka Sumatera Utara.

Upacara Pembukaan PERTIDA SBH SUMUT dihadiri oleh Ketua Gerakan Pramuka Kwarda Sumatera Utara H. Nurdin Lubis, SH, MM beserta pengurus, Perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi Sumatera Utara dan Kabupaten Deli Serdang dan Pengurus Gerakan Pramuka Kwarcab se Provinsi Sumatera Utara.