JAKARTA - Kontingen Sumatera Utara meraih hasil gemilang pada pelaksanaan Perkemahan Bakti Nasional Saka Bakti Husada (Pertinas SBH) ke-6 Tahun 2023 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur. Pada saat pengumuman pemenang perlombaan disebutkan Sumatera Utara memenangkan 6 perlombaan yakni Peringkat Pertama untuk Pembuatan Poster Pencegahan Stunting pada Remaja Kategori Putra, Peringkat Pertama untuk Perlombaan Partisipatori Penyehatan Pangan pada Kategori Putra dan Putri, Peringkat Pertama Perlombaan Kreasi Isi Piringku dengan Protein Hewani pada Kategori Putra, Peringkat Pertama PHBS Tapak Kemah pada Kategori Putra dan Peringkat Ketiga Stand Up Commedy Kesehatan.

Kadis Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, dr. Alwi Mujahit Hasibuan, M. Kes selaku Mabisaka Bhakti Husada Sumatera Utara turut hadir pada acara penutupan tersebut yang dilaksanakan di Perkemahan Putri 2, Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur, Jumat (22/09/2023).

Dalam keterangannya, Kak Alwi Mujahit Hasibuan menyambut gembira dan bersyukur atas hasil kemenangan yang diperoleh Kontingen Sumut di Pertinas SBH 2023.

"Kita sangat bersyukur dan gembira atas hasil kemenangan adik-adik kontingen Sumatera Utara. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Ketua Kwarda Sumatera Utara, Kak Nurdin Lubis atas dukungannya kepada kontingen Sumatera Utara," pungkas Alwi.

Alwi menyampaikan, keberhasilan ini berkat pembinaan yang baik.

"Kita kembali mengaktifkan Saka Bhakti Husada di Sumut dan melaksanakan Perkemahan Tingkat Daerah (Pertida) di Deli Serdang Juli lalu. Pertida sebelumnya dilaksanakan tahun 1985. Setelahnya absen dan kembali dilaksanakan tahun 2023 ini," tandasnya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, dr. Maria Endang Sumiwi, MPH yang juga Wakil Pimpinan Saka Bakti Husada Nasional pada acara penutupan menyampaikan, ucapan selamat kepada para pemenang dan mengharapkan seluruh peserta kegiatan dapat menjadi agen perubahan kesehatan di seluruh Indonesia.

"Adik-adik Pramuka kita harapkan dapat menjadi agen perubahan perilaku kesehatan dan mendukung Pilar Trasnformasi Pelayanan Kesehatan khususnya Pilar Ketahanan Sistem Kesehatan Indonesia," ujar Maria Endang Sumiwi.

Acara penutupan Pertinas SBH Tahun 2023 juga dihadiri Kwartir Daerah (Kwarda) Sumatera Utara yang diwakili Wakil Ketua Bidang Sakoma, dr. H. Aris Yudhariansyah.