PADANGSIDIMPUAN - Pengurus Kota (Pengkot) Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Padangsidimpuan masa bakti 2022-2026 resmi dilantik pengurus PBSI Provinsi Sumatera Utara di Hall Sariputra Kelurahan Losung Baru, Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpuan, Jum'at (22/9). Sekretaris Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) PBSI Sumatera Utara Kusprianto mengatakan proses periodesasi dalam cabang olahraga bulutangkis itu berlaku 4 (empat) tahun. Dalam sebuah proses periodesasi itu ada dinamika, suka tidak suka pegiat bulutangkis harus tetap melaksanakan mulai pengkab, pengprov hingga PP (Pengurus Pusat).

“Semua harus semangat duduk bersama dalam organsiasi guna mensupport dan bergeraknya prestasi dan mendorong kolaborasinya olahraga bulutangkis mulai dari PBSI, KONI dan Dispora," ucap Kusprianto.

Dengan periodesasi itu diharapkan ada marwah yang terus melekat pada fungsi organisasi setelah adanya pelantikan, katanya.

Menurut Kusprianto, fungsi organisasi adalah totalitas pembinaan prestasi untuk mensupport prestasi di dalam pembinaan supaya database dan status atlit tertib administrasi.

“Harapannya prestasi yang sudah ada dipertahankan dengan sebaik-baiknya, selaku mewakili pengurus Propinsi Sumut kami tetap mendukung kegiatan kegiatan yang akan di jalankan oleh pengurus yang baru di lantik," sebutnya.

Sementara itu Ketua Umum Pengkot PBSI Padangsidimpuan Irfan Bakhri Siregar, S.Sos, mengaku setelah pelantikan ini akan membangun soliditas pengurus internal Pemkot PBSI Padangsidimpuan, Organisasi PBSI ini merupakan organisasi pembinaan atlit di bidang olahraga bulutangkis. Soliditas pengurus itu menjadi suatu keharusan.

“Selain itu, bagaimana melakukan aktifitas kepada klub yang ada di Kota Padangsidimpuan dalam pembinaan atlitnya. Sebab memang ending dari organisasi olahraga itu adalah prestasi atlit. Tentu yang akan kita dorong dan Insya Allah kedepan akan kita hidupkan kembali club-club bulu tangkis hingga tingkat desa/kelurahan di Kota Salak ini," ungkapnya.

Irfan mengharapkan di tahun 2024 mendatang prestasi akan membaik dan akan lebih baik. Tetapi prestasi itu didapat dari hasil pembinaan, bukan prestasi didapat dengan cara membeli atlit.

“Prestasi yang didapat melalui pembinaan itu akan jauh lebih baik. Sebab pembinaan yang berhasil bukan karena prestasinya tetapi pembinaannya yang ditunjukkan dengan prestasi. Kalau orientasinya prestasi dalam arti perolehan medali, maka kita juga bisa membeli atlit-atlit di luar daerah,” jelasnya.

Pelantikan yang dipimpin Sekretaris Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) PBSI Sumatera Utara Kusprianto turut dihadiri oleh Wakil Walikota Padangsidimpuan Ir.H.Arwin Siregar, Ketua Koni Syaiful Jamil Hasibuan ST, pengurus GP Ansor Padangsidimpuan, Kadis Pariwisata dan Pemuda Olahraga Padangsidimpuan.

Adapun kepengurusan PBSI Kota Padangsidimpuan yang dilantik Ketua Umum Irfan Bakhri Siregar, S.Sos, Wakil Ketua Umum I Hasanuddin Sipahutar, S.Pd.I, Wakil Ketua Umum II Muhammad Darwis Tanjung, M.Pd, Sekretaris Umum, Aswin Matondang, S.E, Wakil Sekretaris Khairul Arief, Bendahara, Parsaulian Lubis, S.Pd.I, Wakil Bendahara Juliadi Hutabarat, S.H, Bidang Organisasi dan Kelembagaan Lukman Hakim Nasution, Bidang Keabsahan dan Sistem Informasi Edison Hutapea, Bidang Turnamen dan Perwasitan M Rizki, Bidang Pembinaan Prestasi Ilham Hamid, Bidang Sarana dan Prasarana Sawaluddin, Bidang Dana dan Usaha Gustomy Hamonangan Siregar, MM.

Prosesi pelantikan ini ditandai dengan penandatanganan berita acara pelantikan dan penyerahan pataka PBSI oleh Sekretaris Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) PBSI Sumatera Utara Kusprianto. Diakhiri dengan pengucapan janji Pengkot PBSI Padangsidimpuan masa bakti 2022-2026.***