LANGKAT - Ribuan orang memadati bantaran Sungai Kapal Keruk dan jembatan Kota Lama, Desa Karang Gading, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat. Warga yang datang dari berbagai daerah itu menyaksikan lomba dayung tradisional yang diselenggarakan Pemerintah Desa Karang Gading, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat, Minggu (17/9/2023).

Panitia Muhammad Yusuf Kurniawan, SH mengatakan, event lomba dayung tradisional ini diikuti 26 tim dayung yang berasal dari Kabupaten Langkat dan Kabupaten Deli Serdang.

Lomba ini menggunakan sembilan pendayung dalam satu sampan (perahu). dengan jarak tempuh 650 meter.

"Kita laksanakan lomba dayung ini di Sungai Kapal Keruk karena kondisi sungai sempit jadi sekali lepas start tiga sampan untuk menghindari tabrakan antar peserta," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Karang Gading, Bahrul mengatakan, lomba dayung tradisional ini merupakan event perdana dimasa kepemimpinannya.

Bahrul berharap lomba ini berjalan sportif dan lancar, sehingga tahun depan akan digelar kembali event yang sama. Kepada para penonton yang berada di bantaran dan jembatan agar menjaga ketertiban untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Junjung tinggi sportivitas jangan ada kecurangan antar peserta agar lomba ini berjalan dengan baik, sehingga tahun berikutnya kita gelar lagi event ini," ujar Bahrul.

Lomba dayung tradisional berjalan sportif dan lancar namun ada enam orang pendayung yang sempat kehabisan tenaga di garis finish, sehingga menyebabkan tidak sadarkan diri dan mereka berasal dari tim dayung yang berbeda.

Namun kesigapan petugas kesehatan mereka dapat ditangani dengan memberikan bantuan pernafasan dengan oksigen yang disediakan.

Pemenang lomba dayung tradisional ini untuk juara I tim dayung kakak adik Desa Pantai Gading, juara II tim dayung Raja Ampat Panglima Desa Karang Gading, Kecamatan Secanggang, dan juara III tim dayung GTS Desa Pantai Gading, Kecamatan Secanggang.

Sementara itu, untuk juara harapan I tim dayung Guruh dari Kecamatan Tanjung Pura, juara harapan II tim dayung Tunas Muda Desa Kwala Besar, Kecamatan Secanggang dan juara harapan III tim dayung Raja Ampat Kodam Desa Karang Gading, Kecamatan Secanggang.

Kepada para pemenang diberikan hadiah trophy dan juga uang pembinaan. Kegiatan lomba ini dihadiri Kapolsek Secanggang AKP Salija, SH dan anggota, juga Babinsa Koramil 08/Secanggang Sertu Supriono, Kepala Desa Pantai Gading Ariyanto dan Kepala Desa Karang Anyar Suyadi.*