LABUHANBATU - Disiplin masyarakat dalam berlalu lintas meningkat seiring dengan pelaksanaan Operasi Zebra Toba 2023. "Bukan karena takut ditilang, tapi karena kesadaran akan pentingnya tertib berlalu lintas," ujar Kapolres Labuhanbatu AKBP James H. Hutajulu, S.I.K., S.H., M.H., M.I.K., melalui Kasat Lantas AKP M. Ainul Yaqin, S.I.K., M.H., Sabtu (16/9/2023).

Menurut dia, disiplin berlalu lintas ini sangat penting. Sebab, keselamatan berlalu lintas adalah yang pertama dan utama.

Kasat Lantas menyampaikan, sampai dengan hari ke-12 pelaksanaan Ops Zebra Toba 2023, Polres Labuhanbatu telah melakukan penindakan sebanyak 544 tilang, dengan katan lain, selama 12 hari Ops Zebra Tob 2023, rata-rata dilakukan penindakan dengan tilang sebanyak 45 set.

"Hasil dari kegiatan penindakan dengan tilang oleh Tim Khusus tersebut memang sejauh ini terlihat sangat berdampak terhadap disiplin dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas, khususnya pada ruas-ruas jalan Kawasan Tertib Berlalu Lintas (KTL)," jelasnya.

Walaupun hal tersebut belum terlihat di ruas-ruas jalan yang tidak termasuk KTL atau di luar lokasi KTL, Kasat Lantas berharap bahwa tertib dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas akan dapat terus berlanjut demi keamanan.

"Tak hanya keamanan, tapi juga keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas, terlebih menjelang Pemilu 2024 yang damai dan bersih," tukasnya.