PADANGSIDIMPUAN - Di penghujung masa kepemimpinannya Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH, MM mendistribusikan Zakat, Infaq dan Sodaqoh (ZIS) kepada 429 Mustahik yang ada di Kota Padangsidimpuan. Pendistribusian zakat ini dilakukan orang nomor satu di Pemerintah Kota (Pemko) Padangsidimpuan di Pendopo Kantor Wali Kota Padangsidimpuan, pada Minggu (10/9/2023).

Total Zakat yang disalurkan pada semester pertama tahun 2023 ini kurang lebih senilai Rp. 450.000.000 berasal dari ASN Pemko Padangsidimpuan yang dihimpun melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Padangsidimpuan.

Ini merupakan ketiga kalinya BAZNAS Padangsidimpuan menyalurkan ZIS. Adapun mustahik yang menerima antara lain : Siswa/i SD sederajat sebanyak 78 orang, SMP sederajat sebanyak 80 orang, SMA sederajat sebanyak 70 orang, Guru pengajian sebanyak 70 orang, penyandang disabilitas sebanyak 20 orang, muallaf sebanyak 15 orang dan balita untuk program pencegahan stunting sebanyak 96 anak.

Dalam sambutannya, Wali Kota Irsan mengatakan, zakat merupakan suatu hal wajib bagi umat Muslim yang mampu.

Oleh karenanya, Ianya berharap kedepannya zakat yang diberikan oleh ASN di lingkungan Pemko Padangsidimpuan dapat lebih optimal karena hukumnya wajib.

Sebagai Wali Kota, kata Irsan, tentunya dirinya tidak hanya mengingatkan para ASN dalam urusan dunia tetapi juga dalam urusan akhirat seperti membayar zakat.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Irsan juga berpesan agar masyarakat tidak ragu membayarkan zakatnya melalui Baznas Kota Padangsidimpuan.

"Masyarakat tidak perlu ragu lagi untuk menyalurkan zakatnya melalui Baznas Kota Padangsidimpuan karena akan disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan," pesannya.

Sebelum mengakhiri sambutannya Wali Kota Irsan meminta agar para mustahik selalu bersyukur.

"Allah SWT berjanji jika kita bersyukur maka akan ditambahkan nikmat tersebut," tutupnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Kota Padangsidimpuan Drs H Zainal Arifin Tampubolon menyampaikan, kegiatan ini merupakan pendistribusian zakat dari ASN Pemko Padangsidimpuan yang diserahkan kepada lebih dari 1.900 mustahik dalam 3 gelombang selama semester 1 tahun 2023 ini.

"Penyaluran zakat ini tentunya dilakukan atas imbauan dari Bapak Wali Kota Padangsidimpuan. Dan sesuai amanah dari beliau, agar zakat ini segera dapat disalurkan kepada para mustahik," papar Zainal.

Selain itu, Zainal juga mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan kerja sama BAZNAS dengan Pemerintah Kota Padangsidimpuan.

Zainal berharap ZIS dari ASN ini dapat bermanfaat dan dimanfaatkan dengan sebaik - baiknya oleh mustahik.***