MADINA - PT SMGP dan BPJS Ketenagakerjaan tanda tangani Perjanjian Kerja Sama tentang Penyelenggaraan Peogram Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi Pekerja Informal di Kabupaten Mandailing Natal. Penandatangan secara simbolis tersebut digelar di salah satu tempat rumah makan di Kelurahan Dalan Lidang, Kacamatan Panyabungan pada Jum'at (8/9/2023).

Turut dihadir oleh Ali Sahid selaku Vice President of Stakeholders and Relation beserta Rombongan, Rolan Tobing Selaku Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Mandailing Natal, Doly Daulay sebagai Petugas Kepesertaan, Abdul Kadir sebagai Petugas Kepesertaan dan Monalisa sebagai Penata Keuangan.

Selain itu juga dihadiri dari Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal, Asisten II Setdakab Madina dr. Sarifuddin, Asisten III Lismulyadi, Kabag Hukum dan Dinas Tenaga Kerja.

Acara yang berjalan lancar dan hikmat, serta memberikan wawasan wawasan baru bagi seluruh peserta yang hadir.

"Kami tentunya sangat berterima kasih keoada PT SMGP yang mana sudah melakukan PKS dengan kami (BPJS Ketenagakerjaan) untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat di Mandailing Natal, khususnya desa yang berada di sekita wilayah operasional PT SMGP," ucap Rolan

Rolan menyampaikan saat ini PT SMGP akan melindungi masyarakat di desa sibanggor tonga dan Sibanggor Julu yang jumlah nya sekitar 986 orang, tentunya dengan kriteria yang masuk di BPJS Ketenagakerjaan, yaitu yang bekerja dan berusia antara 17 - 65 tahun pada saat pendaftaran pertama.

Kemudian Ali Sahid selaku Vice President of Stakeholders and Relation PT SMGP mengatakan program dari BPJS Ketenagakerjaan ini memang sangat baik dan tepat untuk kami lakukan, karena memang manfaatnya yang sangat besar.

Program ini juga kata dia sejalan dengan apa yang sudah kami (PT SMGP) sepakati bersama dengan Forkopimda Mandailing Natal untuk memberikan perlindungan BPJS kepada warga di sekitar operasional PT SMGP.

Kemudian pada kesempatan itu Asisten III Setdakab Madina Lismuliyadi juga menyampaikan ucapan terima kasih pemerintah kabupaten kepada PT SMGP karen telah melindungi warga desa sibanggor tonga dan sibanggor julu.

“Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal mengucapkan Terima Kasih kepada PT SMGP yang telah mengalokasikan sebagian Dana CSR nya untuk melindungi warga Madina melalui Program BPJS Ketenagakerjaan," sambut Lismulyadi

"Kemudian penting untuk saya sampaikan bahwa kita harus mendukung Program BPJS Ketenagakerjaan ini karena manfaatnya yang sangat luar biasa membantu masyarakat dan kita harus bantu karena BPJS Ketenagakerjaan tidak dapat bergerak sendiri," tambahnya.

Setelah Penandatangan PKS dilakukan, Doly Daulay juga memaparkan materi terkait Program Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS).

Sementara itu Doly Kepala BPJS Ketenagakerjaan Madina menyebut saat ini pemerintah pusat melalu Bappenas telah membuat Program Development Sustainibility Goals (SDGs), dimana pada program tersebut ada 4 Pilar SDGs dan salah satunya adalah pilar pembangunan sosial yang menargetkan “Tanpa Kemiskinan.

"Nah, indikator dari 'Tanpa Kemiskinan' tersebut salah satunya Proporsi Peserta Jaminan Sosial Bidang Ketenagakerjaan, maka dari itu pada kesempatan ini saya sampaikan agar kita bersama-sama dengan Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal dapat melaksanakan Program-Program yang direncanakan oleh Pemerintah Pusat," kata Doly.

Setelah Penandatangan dan Pemaparan Materi, selanjutnya acara ditutup dengan Foto Bersama dan berbincang-bincang dengan santai untuk menyamakan lersepsi terkait Program BPJS Ketenagakerjaan.