ASAHAN - PT PLN ULP Simpang Kawat, UP3 Rantau Prapat akan memadamkan listrik di 3 Kecamatan yang ada di Kabupaten Asahan, Kamis (7/9/2023) dari pukul 09.15 hingga pukul 15.30 WIB. Tiga kecamatan tersebut adalah Kecamatan Air Batu, Kecamatan Simpang Empat dan Kecamatan Teluk Dalam.

Namun dari 3 Kecamatan tersebut, tidak keseluruhannya padam. Melainkan beberapa desa saja.

Secara detail, titik lokasi di 3 Kecamatan tersebut adalah, Desa Hessa Air Genting, Jasatani, Simpang Kawat, Sipaku Area, Sei Dua Sipaku, Bukit Rejo, Air Teluk Kiri, Sipule Pule, Simpang Teluk Dalam, Air Batu Palang, Pisang Binaya, Simpang Padat Karya, Silomlom, Kampung Baru, Tangkahan Padang, Tangkahan Siu-siu, Tangkahan Lima, Pulau Gapuk, Suka Raja, Peckconglie, DTAA, Jampalan Baru, Melati, Huta Ginjang, Silaut-laut, Hessa Kebun Kelapa, Kampung Lawas, Sijabut Penggalangan dan sekitarnya.

Hal ini dibenarkan Manager PT PLN ULP Simpang Kawat, Mujibur Rahman kepada Gosumut.com, Rabu (6/9/2023).

"Iya benar, besok hari Kamis akan dilakukan pemadaman listrik dibeberapa titik lokasi," terang Mujibur Rahman.

Ia memaparkan, tujuan dari pemadaman listrik itu adalah untuk memelihara jaringan listrik dengan upaya meningkatkan keadaan listrik khususnya di sekitar Simpang Kawat Kabupaten Asahan.

"Di mana PLN melakukan pemeliharaan berkala pada peralatan di jaringan listrik dan perintisan pohon di sekitar jaringan listrik untuk mengurangi potensi padamnya listrik karena tertimpa dahan pohon khususnya pada kondisi cuaca ekstrem yang terjadi pada musim hujan ini," terangnya.

Untuk itu selaku Manager PT PLN ULP Simpang Kawat, Mujibur Rahman meminta maaf kepada pelanggan atas terganggunya kegiatan masyarakat diakibatkan pemadaman yang dilakukan oleh PLN dalam kegiatan pemeliharaan jaringan listrik

Mujibur Rahman mengimbau masyarakat, agar ikut berpartisipasi dalam menjaga keandalan dan keselamatan kelistrikan dengan cara tidak bermain layang-layang di dekat jaringan listrik untuk menghindari benang layang-layang tersangkut di jaringan listrik yang berpotensi menyebabkan gangguan aliran listrik dan aktif menyampaikan kepada PLN apabila menemukan potensi potensi yang dapat menyebabkan terganggunya aliran listrik 

"Kami tetap berupaya agar bisa memberikan pelayanan listrik yang lebih baik kepada pelanggan. Untuk itu kami berharap, para pelanggan bisa berpartisipasi dalam menjaga keandalan dan keselamatan kelistrikan, demi kenyamanan kita bersama," pungkas Manager PT PLN ULP Simpang Kawat, Mujibur Rahman.