LABUHANBATU - Selama 14 hari sejak tanggal 4 s.d. 17 September 2023 Polres Labuhanbatu melaksanakan Ops Zebra Toba 2023 dalam rangka meningkatkan Disiplin Masyarakat dalam berlalu lintas menjelang pelaksanaan Pemilu 2024 yang Damai dan Bersih Kasat Lantas Polres Labuhanbatu, AKP M. Ainul Yaqin, S.I.K., M.H. saat ditemui di Kantor Sat Lantas Polres Labuhanbatu, menturkan bahwa Pelaksanaan Opps Zebra Toba 2023 tidak hanya penindakan dengan tilang manual, tetapi juga berupa SOSIALISASI / penyuluhan tertib berlalu lintas, di antaranya dalam bentuk penyebaran brosur / leaflet dan juga sticker. 
 
Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Tim Penyuluhan yang dibentuk oleh Kasat Lantas, juga dilaksanakan oleh Unit Lantas dan Pos Lantas sejajaran Polres Labuhanbatu, sehingga diharapkan dengan banyaknya kegiatan penyuluhan tersebut, pesan-pesan untuk tertib berlalu lintas dapat sampai ke seluruh Masyarakat, sehingga tujuan dari Ops Zebra Toba 2023 dalam rangka meningkatkan Disiplin Masyarakat dalam berlalu lintas menjelang pelaksanaan Pemilu 2024 yang Damai dan Bersih
 
Dalam tugas pokok kepolisian, khususnya Polantas, terdapat fungsi pembinaan yang bertugas yang memberikan edukasi kepada masyarakat tentang tertib berlalu lintas. 
 
"Namun pada saat pelaksanaan Ops Zebra Toba 2023, seluruh Personil Sat Lantas khsususnya berperan dan bertugas sebagai penyuluh yang memberikan edukasi terkait tertib berlalu lintas tersebut, sehingga pesa-pesan dan edukasi tertib berlalu lintas dapat berjalan dan terlaksana dengan maksimal," imbuh Kasat Lantas.