LANGKAT- Plt Bupati Langkat H.Syah Afandin SH menyerahkan penghargaan prestasi bagi daerah yang realiasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) mencapai target,di halaman kantor Bapenda Langkat, Senin (4/9/2023). Ia menyebutkan tidak mudah untuk mencapai target PAD ini, namun hal tersebut harus dipertahankan, sebab capaian itu sangat diperlukan. 
 
"Langkat hari ini saya masih banyak di demo dengan kondisi jalan dan sekolah yang tidak layak, dan banyak masyarakat yang masih butu hunian yang layak. Banyak hal yang bergantung dengan pemerintah dan ini semua ada di tangan saudara sekalian para Perangkat Daerah," ujarnya. 
 
Ia menyebutkan sebenarnya banyak bantuan dari Pusat dan provinsi yang sampai saat ini turun ke kabupaten langkat, namun semua menjawab kondisional itu yang menjadi landasannya adalah PAD. 
 
"Maka dari itu saya berharap kepada para perangkat yang belum mencapai target untuk berdiskusi kepada rekan-rekan yang mencapai target, bagaimana cara dan upaya agar bisa mencapai target, tanamlah jiwa memiliki dan tanggung jawab kerja," sebutnya. 
 
Sementara Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Langkat, Dra. Muliani. S menyebutkan PAD ini merupakan salah satu sumber utama pendapatan Pembangunan Daerah. 
 
Karenanya, perlu strategi yang baik mulai dari tahap perencanaan atau penyusunan target pendapatan sampai dengan upaya-upaya bagaimana mencapai target yang telah ditetapkan.
 
Ia juga menyebutkan hal yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan pendapatan PAD ini. Antara lain, optimalisasi penerimaan pajak dan retribusi daerah dengan menginventarisir dan mengoptimalkan sumber-sumber potensi pajak dan retribusi daerah serta sumber-sumber PAD lainnya. 
 
Kemudian, intensifikasi dan ekstensifikasi sumber-sumber PAD dengan terus-menerus menggali potensi dari sektor pajak daerah maupun retribusi daerah.
 
Pada tahun 2023 ini lanjutnya, Bapenda melaksanakan penyesuaian terhadap NJOP tanah di Kabupaten Langkat yang masih jauh lebih rendah dari harga pasar. Sehingga dapat meningkatkan PAD. 
 
Turut hadir mewakili Kapolres Langkat Kompol Hendri NDA Barus SH, SIK, MM Waka Polres Langkat, mewakili Kajari Langkat Yogi Taufik SH MH Kasi Datun, Kacab Bank Sumut Samsul Bahri Saragi, Asisten dan Staf Ahli Bupati, Kepala Perangkat Daerah, camat se Kabupaten Langkat, lurah dan kades se Kabupaten Langkat.