LABUHANBATU - Jajaran Sat Lantas Polres Labuhanbatu mendistribusikan buku di Posko Kampung Bersih dari Narkoba (KBN) Padang Bulan Rantauprapat. Pendistribusian ini sebagai upaya Polri dalam meningkatkan budaya literasi di tengah masyarakat.

Kapolres Labuhanbatu, AKBP James Hasudungan Hutajulu melalui Kasat Lantas Polres Labuhanbatu AKP Muhammad Ainun Yaqin, menjelaskan kegiatan ini merupakan langkah dini Polri menyapa generasi penerus bangsa.

"Dengan melayani mereka dari usia dini dengan giat sambang sekolah dengan membagikan buku bacaan," sebut Kasat, Kamis (31/8/2023).

Tujuannya, sambung Kasat, agar anak usia dini gemar membaca, sehingga nantinya mereka tumbuh pintar dan cerdas.

"Sembari kita mengenalkan dampak bahaya narkoba dan tertib dalam berlalu lintas," jelasnya.

Menurut Kasat, pembagian buku tersebut diikuti oleh 50 pelajar dari SDN 20 Rantau Utara dan MIN 2 Rantauprapat, yang diawali dengan penyampaian kata sambutan dan pencerahan kepada para pelajar tentang budaya literasi dan pemahaman tentang bahaya narkoba khususnya terhadap generasi penerus bangsa.

"Selain distribusi buku bacaan sebanyak 100 buah, Sat Lantas Polres Labuhanbatu juga mamberikan bantuan berupa 1 buah rak buku, 10 buah meja belajar portable, 100 buku tulis, dan 50 buah alat tulis
yang dapat dipergunakan sebagai perpustakaan mini yang berada di Posko KBN Padang Bulan Rantauprapat, sehingga para pelajar dapat mempergunakan fasilitas perpustakaan mini yang ada di lokasi KBN tersebut setiap waktu," urainya.

Sementara, para guru juga memberikan testimoni terhadap kegiatan yang dilaksaakan tersebut, khususnya dengan keberadaan Posko Kampung Bersih dari Narkoba (KBN) yang ada di Padang Bualan yang dirasa sangat bermanfaat dalam mencegah peredaran Narkoba di daerah Padang Bulan, terlebih dengan adanya perpustakaan mini yang ada, maka diharapkan kedepan semakin dapat meningkatkan budaya literasi di kalangan pelajar khsusunya.

Pendistribusian ini juga diikuti Iptu Yustina, S.H., M.H selaku Kasubbag Binkar Bag SDM, Iptu Sumardi, S.P., M.H. selaku Kanit Turjawali Sat Lantas, Ipda R. Manik, S.H., M.H. selaku Kanit Gakkum Sat Lantas, Aiptu H. Endi Suwanto selaku Bhabinkamtibmas Kel. Padang Bulan, Aipda Rano Syahputra selaku Bhabinkamtibmas Kel. Urung Kompas, personil Sat Lantas, personil Posko KBN Padang Bulan, guru dan pelajar SDN 20 Rantau Utara, guru dan pelajar MIN 2 Rantauprapat serta masyarakat Kelurahan Padang Bulan.