LANGKAT - Bupati Langkat H.Syah Afandin SH meminta para bidan yang diwisuda menjalankan profesinya dengan terhormat. Hal tersebut diungkapkannya diwakili Sekdakab Langkat H. Amril S.Sos M.AP saat menghadiri Wisuda Program Studi Diploma III Kebidanan, Akademi Kebidanan Langkat Angkatan XVIII TA 2021-2022 dan Angkatan XIX TA 2022-2023, Rabu (30/8/2023). 

"Jadikan kebanggaan hari ini sebagai motivasi yang kuat untuk menjadikan diri kita lebih baik lebih bermanfaat bagi setiap orang yang membutuhkan, karena hidup yang paling membahagiakan adalah ketika kita mampu membuat orang lain bahagia," ujarnya. 

Ia menyebutkan untuk meraih sukses harus terus belajar dengan menempatkan moral dan agama di atas segalanya.

"Jadilah kalian bidan-bidang yang terhormat, pilihan-pilihan yang telah memberikan warna positif di mana pun kalian mengabdi," ujarnya.

"Saya yakin institusi D-lll kebidanan Pemerintah Kabupaten Langkat mampu menghasilkan bidan yang berkualitas dan mempunyai kompetensi," ujarnya seraya mengharapkan para bidan mampu mendukung pembangunan bidang kesehatan terkhusus di Kabupaten Langkat

Menurutnya, institusi pendidikan kesehatan berperan untuk menyiapkan tenaga kesehatan yang handal di bidangnya.

"Saya berharap wisudawan memiliki gagasan atau pemikiran baru yang dapat memajukan dan merubah perilaku masyarakat khususnya dalam peningkatan kesehatan ibu dan anak sesuai dengan kewenangan seorang bidan," ujarnya. 

Sementara Direktur Akademi Kebidanan Langkat, Alfi Laili, SKM,M.Kes melaporkan selama 21 tahun penyelenggaraan kebidanan akademik kebidanan Langkat telah meluluskan 1463 mahasiswa.

"Tahun ini akademik kebidanan Langkat  meluluskan 39 orang dan ditahun 2022 akademi kebidanan Langkat telah meluluskan 5 orang bidan yang telah menjalani pendidikan selama 3 tahun atau 6 semester dengan 116 SKS di mana kegiatan pengalaman belajar dilakukan di kelas, laboratorium dan di lahan praktek," jelasnya. 

Alfi Laili menyebutkan upaya yang dilakukan untuk peningkatan kualitas mutu pendidikan, pihaknya bekerjasama dengan growth center LLDikti 1 Sumatera Utara dalam kegiatan pelatihan toefl dan komputer, serta 35 mitra kerjasama lainnya untuk aplikasi kegiatan Tri Dharma perguruan tinggi.

"Saat ini institusi akademi kebidanan Langkat sedang mempersiapkan pengembangan institusi menjadi universitas Langkat. Pengembangan institusi ini dimaksud agar kampus ini bisa tetap eksis di Kabupaten Langkat yang kita cintai ini.kami mohonkan doa dari bapak dan ibu sekalian agar segala proses nantinya akan dilalui berjalan dengan baik," harapnya.