TOBA - Event Danau Toba Rally 2023 putaran ke-5 akan digelar pada 22-24 September 2023 di areal perkebunan Aek Nauli dan Kebun Teh Toba Sari, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatra Utara. Meski digelar di Kabupaten Simalungun, Kabupaten Toba tetap terlibat sebagai tuan rumah untuk opening ceremony yang dilaksanakan di Caldera Toba, Kecamatan Ajibata. 
 
Perwakilan IMI Elfino Tanjung dalam penuturannya menyampaikan, untuk menyukseskan pelaksanaan Danau Toba Rally 2023, IMI (Ikatan Motor Indonesia) selaku panitia Selasa, (28/8/2023) beraudiensi dengan Bupati Toba, Poltak Sitorus yang diterima langsung di ruang kerja bupati. 
 
Dalam audiensi tersebut IMI menyampaikan pihaknya sangat berharap dukungan dari Pemkab Toba sebagai tuan rumah open ceremony. 
 
Lokasi rallynya di areal perkebunan Aek Nauli dan Kebun Teh Toba Sari. Untuk Kabupaten Toba terlibat menjadi tuan rumah open ceremony yang digelar di Caldera Toba Sibisa.
 
"Kita sangat berharap dukungan Pemkab Toba untuk turut serta mensukseskan event ini," kata Elfino Tanjung.
 
Ditambahkannya, untuk peserta Event Danau Toba Rally 2023 putaran ke-5 akan diikuti para perally dalam negeri dan luar negeri. Sedangkan grand final akan dilaksanakan pada bulan November 2023 mendatang. 
 
"Peserta asing kita harapkan juga datang, dan umumnya peserta yang paling banyak itu dari seluruh Indonesia ini," tambahnya. 
 
Menyikapi hal tersebut, Bupati Toba Poltak Sitorus mengatakan, siap mendukung dan akan mempersiapkan SDM terbaik untuk menyambut para peserta rally.
 
"Toba itukan Tempat Orang Berwisata Asyik, jadi supaya asyik maka akan kita siapkan yang terbaik untuk menyambut para peserta," katanya. 
 
Poltak Sitorus juga meminta kepada panitia agar tidak membawa pelaku UMKM dari luar pada acara open ceremony. 
 
"Iya nanti biar pelaku UMKM nya dari kita, jangan dari luar lagi. Biar pelaku UMKM kita yang menyambut para pe-rally, biar kita ada untungnya," pungkasnya.