TOBA - Jenazah almarhum Ketua Komnas Perlindungan Perempuan dan Anak Indonesia Arist Merdeka Sirait tiba di kampungnya di Desa Jonggi Manulus, Selasa (29/8/2023) sekira pukul 13.30 WIB yang disambut isak tangis keluarga dan puluhan warga desa. Setiba di kampungnya, jenazah almarhum terlebih dahulu disemayamkan di Gereja HKBP Hasahatan Kecamatan Parmaksian.
 
Arist Merdeka Sirait yang memiliki nama kecil Mangatas Hasoloan Sirait menghembuskan nafas terakhirnya Sabtu, 26 Agustus lalu di RS Bhayangkara Raden Sait Sukanto, Jakarta setelah menjalani perobatan medis akibat penyakit yang dideritanya beberapa tahun terakhir. 
 
Jenazah Arist Merdeka Sirait dengan nama kecil Mangatas Hasoloan Sirait sesuai kesepakatan keluarga dimakamkan di kampung asalnya di Desa Lumban Sirait Gu, Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba, Selasa (29/08/2023) setelah sebelumnya di Jakarta telah menjalani acara keluarga dan adat Batak.
 
Bupati Toba, Poltak Sitorus bersama Sekretaris Daerah Augus Sitorus di dampingi sejumlah pimpinan OPD, Kapolres Asahan AKBP Rocky Marpaung turut menyambut kedatangan jenazah Arist Merdeka Sirait.
 
Bupati Toba Poltak Sitorus dalam lawatannya menyampaikan ucapan belasungkawa yang mendalam atas berpulangnya almarhum Arist Merdeka Sirait ke pangkuan sang khalik.
 
Poltak mengatakan, Arist Merdeka Sirait adalah sosok pejuang yang memerdekakan anak-anak Indonesia dari berbagai tindakan kejahatan. 
 
Selama perjalanan hidupnya, Arist Merdeka Sirait, telah mengabdikan serta mengorbankan jiwa dan raganya untuk melindungi anak-anak Indonesia dari bahaya tindak kejahatan dan kekerasan seksual/cabul.
 
"Beliau telah mengorbankan segalanya untuk anak-anak Indonesia. Kita harus akui bahwa perhatian beliau terhadap anak-anak di Toba ini sangat intens, beliau sangat sering berkunjung ke sini untuk isu-isu kejahatan dan kekerasan anak," ujar Poltak Sitorus.
 
"Selamat jalan Arist Merdeka Sirait, perjuanganmu pasti dikenang sepanjang masa dan akan kami lanjutkan," sambung Bupati  mengenang almarhum. 
 
Surung Sirait, saudara almarhum Arist Merdeka Sirait mewakili keluarga menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran Bupati Toba dan janaran rombingan serta telah menyampaikan ucapan belasungkawa mendalam atas wafatnya Arist Merdeka Sirait saidara kandungnya.
 
Semoga doa yang disampaikan dari semua pihak yang hadir melayat almarhum dari senjak wafat hingga hari ini akan menguatkan keluarga.
 
"Terimakasih untuk doa Bapak-Ibu yang menguatkan kami," katanya. 
 
Sebagaimana harapan almarhum semasa hayatnya, pihak keluarga berharap ada sosok tokoh baru dari Toba yang dapat menggantikan sosok Arist Merdeka Sirait dan melanjutkan perjuangannya untuk anak anak Indonesia. 
 
"Semoga anak-anak dari Toba dapat menggantikan sosok saudara kami ini, bahkan lebih hebat dari beliau nantinya," ujarnya mengakhiri. 
 
Usai menyampaikan kata-kata penghiburan, acara dilanjutkan dengan acara ibadah dan mengantarkan ke pemakaman di Desa Lumban Sirait Gu, Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba untuk dikebumikan.