TOBA - Kepolisian Resort Toba (Polres Toba) di bawah komando AKBP Taufiq Hidayat Thayeb,S.H,S.I.K turut berduka atas meninggalnya Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Arist Merdeka Sirait di Rumah Sakit Polri Kramatjati, Jakarta Timur pada hari ini, Sabtu (26/8/2023). "Polres Toba dengan seluruh jajaran PJU dan Personil turut berduka atas meninggalnya Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait," kata Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb,S.H,S.I.K melalui Kasi Humas AKP Bungaran Samosir dalam keterangan pers tertulisnya yang diterima www.gosumut.com.

AKP Bungaran Samosir menuturkan, selama ini Arist Merdeka Sirait dikenal sebagai sosok pribadi yang sangat peduli dengan perlindungan anak dan dibeberapa kali kesempatan Polres Toba menjalin komunikasi kerja sama dengannya untuk mengungkap beberapa kasus terkait dengan kasus dugaan kekerasan dan pelecehan seksual/Cabul terhadap anak di Kabupaten Toba.

"Polres Toba melalui Satreskrim Unit PPA telah beberapa kali menjalin komunikasi kerja sama dengan Arist Merdeka Sirait guna mengungkap beberapa kasus pelecehan seks/cabul terhadap anak di Kabupaten Toba Prop.Sumut. Arist Merdeka Sirait bersama Polri memiliki komitmen yang kuat dalam upaya perlindungan terhadap anak," katanya.

Lebih lanjut, disampaikan AKP Bungaran, tentu dengan wafatnya Arist Merdeka Sirait, Indonesia, Polri khususnya Polres Toba turut sangat merasakan kehilangan soso pejuang anak di NKRI. Semoga Beliau Mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya.

Pada Rabu 26 Juli 2023, Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA), Arist Merdeka Sirait memberikan piagam penghargaan kepada Kapolres Toba, AKBP Taufiq Hidayat Thayeb, Kasat Reskrim Polres Toba, Iptu Wilson Panjaitan serta personel jajaran Polres Toba lainnya atas respon dan penanganan cepat Perlindungan Perempuan dan Anak khususnya masalah kejahatan seksual/cabul.

Penyerahaan piagam penghargaan dari LSM yang peduli anak itu kepada Polres Toba dan jajaran dalam rangka Hari Anak Nasional yang dilaksanakan di Gedung Aula Harungguan Mardemak Mako Polres Toba.menurut Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait saat acara pemberian piagam penghargaan tersebut tersebut dalam rangka hari anak nasional.

Ditambahkan AKP Bungaran, sesuai informasi yang diterima, diketahui Arist Merdeka Sirait meninggal akibat sakit yang dideritanya di beberapa tahun terakhir.

"Hari ini Sabtu, 26 Agustus 2023 sekira pukul 09.00 Wib pagi di RS Polri Kramatjati, Jakarta Timur dan tutup usia 63 tahun dengan meninggalkan istri Rosti boru Munte dengan nama panggilan adat Batak (Ompu si Claudia Boru)," jelasnya.

"Sesuai rencananya yang kita peroleh almarhum akan dimakamkan di pemakaman keluarga, tepatnya di bona pasogit kampung kelahirannya di Lumban Sirait Gu Kecamatan Parmaksian Kabupaten Toba Prop.Sumut," tambahnya.