TOBA - Rumah milik Kepala Desa (Kades) Jangga Dolok Kecamatan Lumbanjulu, Blikman Manurung, ludes dilahap si jago merah, Kamis (24/8/2023) sekira pukul 22.30 WIB. Blikman Manurung menyebutkan, sebelum kebakaran terjadi ia keluar rumah berniat untuk membeli rokok ke warung yang tidak jauh dari rumahnya dengan mengendarai sepeda motor.

Namun saat tiba di rumah, ia melihat ada kepulan asa dari belakang rumahnya.

"Saya sempat memasukkan sepeda motor ke dalam rumah. Tiba-tiba, terlihat saya ada asap semakin menebal. Saya kaget bukan kepalang dan secepatnya saya berkari keluar dan berteriak minta tolong kepada warga sekitar," terang Blikman dengan raut wajah sedih.

Melihat api semakin berkobar, ia meminta istrinya untuk mengambil barang-barang berharga yang bisa diselamatkan dari dalam rumah.

Sembari ia bersama warga berupaya memadamkan api dengan menggunakan air dari bak mandi dengan peralatan manual seadanya. Namun api semakin berkobar dan merambat hampir seluruh sisi bagian bangunan dengan cepat.

Dalam peristiwa kebakaran tersebut, istri Kades Jangga Dolok, Rasmi Situmorang (49) nyaris terjebak di dalam rumah yang terbakar.

Sebab Rasmi Situmorang berupaya berlari masuk menuju lantai dua rumahnya, untuk mengambil barang. Namun kobaran api yang begitu cepat, membuat Rasmi tidak dapat turun dari tangga rumahnya. Hingga akhirnya, korban melompat dari atas dan ditangkap warga dibawah, sehingga Rasmi selamat.

Untuk memadamkan api, setidaknya tiga unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) milik Pemkab Toba diturunkan.

Camat Lumbanjulu, Besron Dolok Saribu, SH, menyampaikan rasa turut prihatin dan belasungkawa atas peristiwa kebakaran yang menghanguskan rumah Blikman Manurung.

Besron Butarbutar menyebutkan, peristiwa kebakaran ini tidak menelan korban jiwa. Namun diperkirakan kerugian materil korban diperkirakan mencapai Rp 200 juta.