TOBA - Kapolres Toba Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb,S.H,S.I.K melakukan kunjungan dan menggelar ramah tamah dengan berbagai elemen masyarakat di wilayah jajaran Hukum Polsek Silaen, Kamis (24/8/2024). Hadir mendampingi Kapolres Toba, Kabag Ops Kompol Jhony Adries, Kabag Ren Kompol Muridin, Kabag SDM Kompol Berman Simarmata SH,Plt.Kabag Log AKP S Simanjuntak, Kasat Intelkam AKP Basri Lubis,S.H,MH, Kasat Reskrim IPTU Wilson Panjaitan,S.H, Kasat Narkoba AKP Yugun Sibagariang,S.H, Kasi Humas AKP B. Samosir, Kasi Propam AKP Syrus Sijabat.
 
Kehadiran rombongan ini disambut jajaran rombongan Camat Silaen Moses Simanjuntak dan Plt Camat Sigumpar Binner Panjaitan dan jajaran, Dan Ramil 14 Silaen, para kepala desa, kepala puskesmas, Ketua PPK dan anggota, Panwaslu, P2KD, para Kepala Sekolah SD, SMP, SMA, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, ormas dan purnawirawan se Kecamatan Silaen/Sigumpar.
 
Acara diawali dengan laporan Kapolsek Silaen AKP R Tampubolon dilanjutkan dengan penyematan ulos Batak sebagai cendra mata.
 
Kapolres Toba dalam sambutan menegaskan kepada seluruh jajaran dibawahnya dan kepada masyarakat luas, agar tidak melibatkan diri dalam segala jenis bentuk peredaran dan penyalahgunaan narkoba.
 
AKBP Taufiq juga menyampaikan penyuluhan tentang perlindungan perempuan dan anak khususnya terkait kekerasan terhadap anak, kejahatan seksual yang akhir - akhir ini marak ditemukan di tengah-tengah masyarakat Toba.
 
Demikian juga dengan penyakit masyarakat masalah Judi, AKBP Taufiq berpesan agar tidak melibatkan diri dalam kasus perjudian yang merusak kehidupan keluarga sendiri.
 
Terkait masalah kenakalan remaja, ia meminta para orang tua bersama unsur Forkopimca harus bekerja sama dalam upaya pencegahan dini secara dengan pihak sekolah. Karena dalam hal ini tidak semata menjadi peran sekolah sebagai sarana dunia pendidikan.
Demikian juga dengan Kamtibmas di setiap lingkungan, harus dijaga bersama mengingat jelang Pilkades. Sehingga menciptakan Pilkades yang aman dan sejuk. 
 
Ia meminta agar seluruh personil supaya tetap menjaga stamina kesehatan untuk menjalankan tugas. Karena di bulan Oktober tahun 2023 Kabupaten Toba akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) disusul dengan pelaksanaan Pemilu 2024. 
 
Karenanya, nantinya setelah resmi penetapan Calon Kepala Desa (Cakades) akan di agendakan seluruh Calon Kepala Desa untuk duduk bersama dan membuat komitmen menjaga Kamtibmas sekaitan juga dengan dugaan mengenai money politik.
 
Kepada para calon kelapa desa hendaknya jangan sampai ada menimbulkan pengkotak - kotakkan di antara masing masing pendukung. Hal ini harus disadari masyarakat.  
 
"Pilihan dan dukungan boleh beda, kalau kontestasi sudah usai kita harus tetap bersatu. yang kalah dengan pendukungnya harus legowo demikian juga yang menang dan pendukungnya jangan terlalu euforia dan selanjutnya kita harus bersatu kembali dengan penuh kedamaian," pungkasnya.
 
Dalam kesempatan tersebut, berbagai saran dan masukan diberikan beberapa tokoh masyarakat sebagai perwakilan warga desa. 
 
Salah satunya, Arifin Silaen, menyebutkan sangat mendukung Kaplres Toba dan jajarannya dalam upaya pemberantasan judi, narkoba dan galian c yang tidak mempunyai surat ijin resmi supaya ditutup.
 
Baringin Silaen Kepala Desa Silaen menyampaikan, meminta masukan Kapolres Toba agar perkara masalah money politik supaya tidak terjadi kesalahpahaman dalam menjelang Pilkades.