TOBA - Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Ketenagakerjaan Kabupaten Toba Jumat, (25/08/2023) menggelar pelatihan Barista Kopi bertempat di Hollywood Cafe Soposurung Balige dengan 20 peserta dari 3 Kecamatan, Kecamatan Balige, Kecamatan Tampahan dan Kecamatan Laguboti yang digelar dari 25 Agustus s/d 29 September 2023. Acara ini dibuka secara resmi oleh Bupati Toba Poltak Sitorus.

Poltak Sitorus menekankan supaya para peserta benar-benar mengikuti pelatihan yang dilaksanakan selama 36 hari dengan baik.

"Dari hasil pelatihan ini tentu masing masing akan bisa meningkatkan pengembangan usahanya khususnya dalam usaha warung minum kopi. Yang pintar itu yang banyak bertanya, Jadi jangan sia-siakan pelatihan ini," sebu Poltak Sitorus mengawali sambutannya.

Pelatihan ini harus benar-benar berhasil bagi peserta yang nantinya menghasilkan barista yang profesional. Jangan sampai anggaran habis tanpa membuahkan hasil yang maksimal.

"Dengan pelatihan yang laksanakan ini kedepannya di Toba ada barista profesional," harapnya.

Untuk menghasilkan barista yang profesional, maka peserta harus benar-benar belajar dan mengikuti berbagai program pelatihan dengan sungguh-sungguh sampai memiliki kemampuan yang baik dalam mengenal berbagai jenis dan karakter kopi.

"Barista itu harus tau kopi. Karena kalau tidak tau, bagaimana nanti menjelaskan cita rasa dan ke Khasan rasa dari kopi itu.seorang Barista harus mampu menjelaskan kopi itu," ungkapnya

Saat ini secara nasional, bisnis kopi kian menggurita karena kenaikan trend 'Ngopi' di kalangan anak muda.

Jika pada tahun-tahun sebelumnya kopi hanya identik dengan minuman orang tua, kini kopi sudah semakin trend di kalangan anak muda, khususnya kalangan usia 20-an tahun.

"Bisnis kopi dengan berbagai sajiannya semakin berpeluang karena trend minum kopi terus meningkat bahkan mulai dari kalangan usia 20-an tahun. Di era saat ini mahasiswa juga sudah sangat doyan dan senang minum kopi. Secara khusus Kabupaten Toba saat ini masuk dalam kawasan Daerah Pariwisata Super Prioritas (DPSP).dengan jadinya Kabupaten Toba Kawasan Destinasi Pariwisata yang menuju go Internasional jelas menciptakan pasar semakin luas," pungkasnya.

Terpisah Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Ketenagakerjaan Requel Hasadaan mengatakan, kita harus berbenah di mana Kabupaten Toba salah satu daerah tujuan wisata Nasional dalam Destinasi Pariwisata Danau Toba Go Internasional.

Untuk menyambut dan menjamu para wisatawan tentu para pelaku wisata dan pelaku UMKM khususnya dalam usaha Kopi harus memahami betul kopi yang akan disajikannya kepada tamu atau wisatawan yang akan menikmat sajian Kopi.

"Dalam pelatihan yang gelar kita sangat berharap seluruh para peserta pelatihan harus benar-benar belajar soal sikap, attitude, keramah-tamahan secara khusus akan jenis dan rasa serta kekhasan rasa kopi yang disajikan usahanya," sebutnya.

Salah seorang menjadi mentor pelatihan Ludi Antoni Manik seorang Master Trainer dipercaya untuk melatih para peserta.

Sang Master Trainer mengatakan selama dalam pelatihan yang digelar panitia melalui Mentor/Pelatih akan mengajarkan 9 materi pelatihan.

Dari 9 materi tersebut hanya 3 materi yang berhubungan dengan kopi, sedangkan 6 materi lainnya adalah soal attitude.jelas Ludi Antoni Manik sang Master Trainer.

Di akhir acara pembukaan sebelum meninggalkan tempat pelatihan, Poltak Sitorus menyempatkan diri untuk menjajal rasa kopi Toba dari Habinsaran yang diracik oleh pelatih.

Poltak mengakui cita rasa yang disajikan dengan cara penyajian profesional oleh sang master memberikan cita rasa luar biasa.tentu bila hal ini bisa dilaksanakan para peserta akan meningkatkan pengunjung wisata hadir ke Toba.tentu dibarengi dengan pelayanan yang menyenangkan dan membuat wisatawan betah dan senang serta merangsang wisatawan akan datang kembali di lain kesempatan.ujarnya.

Hadir mendampingi Bupati Toba membuka acara pelatihan Barista Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Ketenagakerjaan Requel Hasadaan, Kadis Kominfo Sesmon TB Butarbutar, Sekretaris Dinas Perindagkop Manuntun Sagala dan Sekcam Kecamatan Balige Noval Pardede.