MADINA - Personil TNI - AD dari Kodim 0212/ TS diturunkan dalam pengamanan pemilihan calon kepala desa serentak di Kabupaten Mandailing Natal (Madina).


Dalam pemilihan kepala desa di 265 desa di Kabupaten Madina yang akan berlangsung pada Senin 21 Agustus 2023 besok. Sebanyak 500-an personil TNI-AD melaksanakan apel pasukan di Mako Koramil 13 Panyabungan, Minggu (20/8/2023).

Pada apel pasukan tersebut dipimpin oleh Dandim 0212/ TS Letkon Inf Amrizal Nasution. Dalam arahannya, Dandim menyampaikan tugas yang akan dilaksanakan oleh personil dalam pengamanan pemilihan kepala desa yang akan diselenggarakan besok.

"500-an personil dari TNI-AD Kodim 0212/TS akan turun ke desa untuk memberikan rasa aman selama pemilihan kepala desa berlangsung," Kata Dandim Letkon Inf Amrizal.

Letkon Inf Amrizal menyebut selama peroses pemilihan kepala desa ini, personil akan ditugaskan ke desa sampai empat hari.

Menurutnya, tugas TNI AD dalam pengamanan Pilkades tersebut untuk membantu atau backup bagi Polres Madina dalam mengamankan Pilkades.

"Hari ini kita melaksanakan apel persiapan dalam pelaksanaan Pilkades serentak, kita siapkan 500 personil, sampai saat ini tidak ada laporan potensi komplik yang harus mendapatkan perhatian khusus.Tugas TNI membackup polisi, kita tidak terlibat langsung di TPS, kita netral tidak ada cawe cawe, kita hanya memberikan rasa aman dan nyaman terhadap pelaksanaan Pilkades serentak," jelasnya.

Amrizal juga mengingatkan personilnya untuk melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab.

"Tugas kalian mengamankan, hanya memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, tidak ada yang terlibat atau memihak. Laporkan segera jika menemukan kejadian menonjol kepada yang tertua, kemudian melapor ke saya, jelas," imbuhnya.

Selain TNI -AD, sebanyak 912 orang aparat keamanan dari Polres Madina juga diturunkan untuk pengamanan Pilkades.