PALAS - Semarak HUT RI ke 78 di setiap desa di Kabupaten Padanglawas (Palas) berlangsung meriah karena berbagai perlombaan digelar pemerintah desa untuk warga. Seperti di Desa Sayur Mainchat, Kecamatan Barumun Selatan menggelar perlombaan, lomba balap karung, lomba lari karung, panjat pinang, lomba joget, tarik tambang, lomba main kelereng anak-anak.
 
Kepala Desa Sayur Mainchat, Torkis Siregar mengatakan, kegiatan perlombaan peringatan HUT RI menjadi momentum ajang silaturahmi dan meningkatkan kekompakan warga untuk saling mengambil peran dalam kemeriahan kemerdekaan.
 
"Ajang perlombaan ini digelar sebagai bentuk membangun kearipan lokal untuk kebersaman yang lebih solid antara pemerintah desa dan masyarakat," terangnya, Sabtu (19/8/2023).
 
Menurut Torkis, melalui kegiatan perlombaan ini dapat menjadi motivasi dan kreasi warga untuk mendukung segala bentuk. Program desa yang menyentuh kepentingan warga setempat dalam pembangunan desa yang maju.
 
Diharapkan, warga dapat menjaga kekondusifan desa dan terus berperan mendukung berbagai program pemerintah desa yang muaranya untuk kepentingan warga dan kemajuan desa kedepan.
 
Kata Torkis Siregar, berbagai perlombaan yang digelar bertujuan menyatukan persepsi dan komitmen bersama untuk meningkatkan kemajuan desa yang mandiri dan sejahtera sehingga dapat dirasakan warga secara merata.
 
"Mari kita bangun kebersamaan dalam menopang program pembangunan desa yang berkelanjutan untuk kemakmuran dan mandiri sehingga menberi kontribusi yang bermanfaat untuk terus maju Desa Sayur Mainchat ini," pungkasnya.