TOBA - Usai menjalankan tugas upacara, 20 anggota Paskibra Tingkat Kabupaten Toba tahun 2023 masuk purna tugas yang dipimpin langsung Bupati Toba Poltak Sitorus. Dalam upacara tersebut, seluruh personil Paskibra didampingi para guru dari sekolah asal masing masing, pelatih, pimpinan OPD, Kapolsek Balige, Pabung (Perwira Penhubung) Kodim 0210 TU, Danramil 17 Balige serta para orang tua Paskibra. 
 
Poltak Sitorus usai upacara dalam amanahnya menyampaikan terimakasih kepada semua anggota Paskibra yang telah dengan sukses menjalankan tugasnya dengan baik.
 
"Terimakasih kepada anggota paskibra, telah berhasil melaksanakan tugas pengibaran dan penurunan sang Merah Putih dengan baik di upacara dan Perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-78 tingkat Kabupaten Toba," ucap Poltak Sitorus. 
 
"Kalian adalah siswa-siswi SMA-SMK terbaik se-Kabupaten Toba yang telah menjalani dan melalui berbagai tahapan seleksi untuk lolos menjadi Paskibra tingkat Kabupaten Toba. Saya meyakini bahwa tugas ini bukanlah hal yang mudah, akan tetapi berkat kerja keras adik adik serta kita semua, semua tugas yang diembankan di pundak kaluan dan kita semua terlaksana dengan baik dan sukses sebagaimana yang diharapkan sebelumnya," ujarnya. 
 
Menjadi seorang Paskibra sebutnya, salah satu dambaan bagi setiap siswa-siswi di Indonesia, terkhusus di Kabupaten Toba. Karena itu para anggota Paskibra patut untuk bersyukur atas capaian yang mereka dapatkan. 
 
"Tentu banyak sekali siswa-siswi yang menginginkan posisi adik-adik saat ini, berbahagia dan bergembiralah atas apa yang sudah mewarnai masa muda kalian dalam perjalanan panjang hidup kalian untuk meraih cita cita dan masa depan," ujarnya.
 
Ilmu dan keterampilan yang kalian dapatkan selama Diklat untuk menjadi anggota Paskibra di tingkat Kabupaten Toba, harus dapat diterapkan di lingkungan sekolah maupun di tengah - tengah masyarakat. 
 
 
Ia juga mengapresiasi semua pihak yang terlibat atas keberlangsungan perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-78 di Kabupaten Toba.
 
"Sekali lagi, atas nama pemerintah Kabupaten Toba, saya menyampaikan terimakasih dan penghormatan serta penghargaan yang setinggi - tingginya kepada seluruh anggota Paskibra dan tim pelatih, pembina yang telah melaksanakan tugas dengan baik dan sukses pada perayaan HUT ke-78 Republik Indonesia tingkat Kabupaten Toba," ujarnya.
 
Di penghujung acara Bupati Poltak Sitorus memberikan piagam penghargaan kepada pelatih, guru pendamping dan seluruh anggota Paskibra.