MADINA - Meski diguyur hujan, namun tidak menyurut niat masyarakat Kecamatan Muarasipongi, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), untuk menyaksikan pengibaran bendara merah Putih di upacara peringatan HUT kemerdekaan RI ke-78, Kamis (17/8/2023). Upacara yang berlangsung di lapangan Polsek Muarasipongi diikuti jajaran pemerintahan jecamatan dan desa, TNI/Polri, anak pelajar dan masyarakat. Selain itu juga tampak ikut hadir dalam upacara itu adalah ketiga anggota DPRD perwakilan daerah itu. 
 
Hujan gerimis yang menyebabkan lapangan upacara tergenang air, tetap dilaksanakan dan tidak melunturkan semangat pasukan Paskibra untuk mengibarkan bendera merah putih untuk tetap berkibar. Masyarakat juga antusias dalam mengikuti upacara peringatan HUT RI ke-78 tahun ini.
 
Camat Muarasipongi Ahmad Pamilu Daulay bertindak sebagai inspektur upacara. Dia mengatakan hari ini merupakan sangat istimewa, hari yang bersejarah.
 
"Meski dengan kondisi hujan semangat juang kami, semangat juang masyarakat tidak surut untuk tetap mengibarkan bendara merah putih," katanya saat ditanyai. 
 
Pamilu menyampaikan kemerdekaan ini merupakan perjuangan para pendiri bangsa.
 
"Maka untuk itu, mari kita masyarakat tetap maju demi mempertahankan kemerdekaan ini dan mengahargai perjuangan leluhur kita," imbuh Pamilu. 
 
Usai melaksanakan upacara, Forkofimcam Muarasipongi juga menggelar pawai karnaval dalam menyemarakkan peringatan kemerdekaan HUT RI ke -78.