TOBA - Perayaan Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia di Kabupaten Toba sebelumnya diisi dengan pawai Taptu (Pawai Obor dan Renungan Suci) yang di gelar Rabu (16/08/2023) sore, pukul 18.00 WIB diawali keberangkatan dari halaman Kantor Bupati. Upacara pelaksanaan Taptu (Pawai Obor dan Renungan Suci) tingkat Kabupaten Toba ini dipimpin Ipda Jefriadi Silaban, sementara Ketua Pengadilan Negeri Balige, Evelyne Napitupulu bertindak sebagai pembina upacara. 
 
Untuk pelepasan Taptu diawali dengan penyalaan obor pasukan inti yang dilakukan pembina upacara Evelyne Napitupulu,S.H,MH Ketua PN Balige.
 
Peyalaan obor selanjutnya dilakukan secara estafet oleh seluruh peserta di seluruh barisan peserta.
 
Peserta Taptu terdiri dari TNI, Polri, pelajar, ASN, PKK selanjutnya dilepas berjalan menyusuri Kota Balige hingga ke Veneu F1H20 tanah Lapangan Sisingamangaraja XII Muliaraja Balige sambil membawa obor bambu yang menyala-nyala. 
 
Bupati Toba, Poltak Sitorus yang turut mengikuti upacara bersama Forkopimda, mengimbau seluruh masyarakat Toba untuk menyalakan obor sebagai bentuk semangat nasionalisme Kebangsaan untuk mengisi perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-78 tahun 2023. 
 
"Mari kita isi kemerdekaan ini dengan semangat yang menyala-nyala seperti nyala obor yang kita bawa keliling malam ini," ujar Bupati Toba, Poltak Sitorus. 
 
Poltak Sitorus juga mengimbau supaya masyarakat mengisi semangat kemerdekaan dengan hal-hal yang produktif. 
 
Hal ini disampaikannya, sebagaimana pernyataan Presiden Republik Indonesia yang mengatakan bahwa 60% penduduk Indonesia merupakan usia produktif.
 
"Seperti pesan Pak Presiden, bahwa 60 % penduduk Indonesia merupakan usia produktif.maka kita harus mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang produktif," ucap Poltak Sitorus.