TOBA - Perayaan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Toba, berlangsung semarak. Rangkaian kegiatan dimulai pemberian remisi tahanan kepada para warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Rutan Kelas II B Balige dilanjutkan dengan melaksanakan upacara penaikan bendera merah putih perayaan 17 Agustus 2023 yang digelar di Venue F1H2O Lapangan Sisingamangaraja XII Muliaraja, Balige, Kamis (17/8/2023).
 
Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Toba Poltak Sitorus untuk sebagai pemimpin upacara Ipda Jefriadi Silaban Kanit Reskrim Polsek Balige jajaran Mako Polres Toba.
 
Untuk peserta upacara diikuti seluruh unsur Forkopimda, ASN, pemuda, TNI, Polri, masyarakat dan para siswa mulai dari TK/PAUD, SD, SMP, SMA yang ada di Kecamatan Balige dan Kecamatan Tampahan. 
 
Usai upacara penaikan bendera merah putih dilanjutkan dengan parade defile untuk pawai keliling kota Balige oleh seluruh peserta upacara mulai para pelajar tingkat TK/PAUD,SMP hingga SMA dan Mahasiswa Akper RS HKBP Balige.  
 
Untuk barisan defile pawai dibuka prajurit TNI, Polri, Satpol-PP dan kemudian disusul anak-anak TK/PAUD. 
 
Sepanjang pawai dilaksanakan para pelajar membawa bendera merah putih sambil melakukan berbagai atraksi dalam baris berbaris, penampilan atraksi drump band dengan atraksi baris-berbarisnya dibarengi dengan teriakan suara 'merdeka' disambut riuh hiruk pikuk suara masyarakat di sepanjang jalan.
 
Dalam sepanjang barisan pawai turut para pelajar menampilkan kostum seni budaya Batak yang dikenakan beberapa kelompok pemuda dan pelajar. 
 
Defile pawai perayaan HUT RI ke - 78 tingkat Kabupaten Toba juga ikuti dimeriahkan dari beberapa komunitas sanggar seni budaya yang ada di Kabupaten Toba dengan menampilkan berbagai atraksi seni tortor budaya Batak Toba, mossak Batak dan fashion show.
 
Untuk Rute defile pawai yang dilintasi dimulai awal keberangkatan dari veniue F1H2O Lapangan Sisingamangaraja XII Muliaraja Balige - Jl. Bukit Barisan-Jl. Siliwangi- Jl. T.DPardede-Jl. Patuan Nagari- Jl. Raja Paindoan-JL. Gereja- Jl.Sisingamangaraja -Jl. DI Pandjaitan Jl. Mulia Raja dan finish akhir di Veniu F1H2O Lapangan Sisingamangaraja XII. 
 
Semarak dan meriahnya HUT RI ini terlihat dengan semangat dan antusiasme masyarakat Toba berjejer memadati kiri dan kanan badan jalan sepanjang rute perjalanan pawai untuk menyaksikan parade defile pawai.
 
Hadirnya ribuan warga Toba di Kota Balige menyaksikan Perayaan HUT RI semakin menyemarakkan HUT ke-78 RI. Ditambah dengan penampilan anak-anak TK/PAUD yang menampilkan berbagI busana dengan dandanan khas membaut penampilan para anak anak TK/PPUD ini sangat menarik perhatian para pengunjung khususnya warga masyarakat Kota Balige. 
 
Usai parade pawai digelar, acara gebyar semarak HUT Kemerdekaan RI Ke-78 Kabupaten Toba di Veniue F1H2O Lapangan Sisingamangaraja XII dilanjutkan dengan penampilan berbagai atraksi seni hiburan oleh para pelajar SMP, vocal grup maupun vokal solo yang berlangsung hingga sore jelang upacara penurunan bendera oleh Paskibra Kabupaten Toba.
 
Tepat pukul 17.00 WIB upacara penurunan bendera merah putih oleh anggota Paskibra digelar dengan pembina upacara penurunan bendera merah putih 17 Agustus 2023 Wakil Bupati Toba Tonny M.Simanjuntak,SE.
 
Usai upacara penurunan bendera, kembali beberapa acara hiburan dilanjutkan, seperti lomba merias istri dengan mata tertutup dan sejumlah lomba berhadiah lainnya. 
 
Usai rangkaian acara perayaan HUT ke-78 RI tingkat Kabupaten Toba digelar, Bupati Toba Poltak Sitorus didampingi Wakil Bupati Tonny M. Simanjuntak dan Sekretaris Daerah Augus Sitorus menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak khususnya masyarakat Toba atas suksesnya pelaksanaan perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-78.
 
"Terima kasih kepada semua pihak upacara HUT ke-78 RI tingkat Kabupaten Toba berjalan sukses, semua masyarakat bisa bergembira dengan menampilkan berbagai atraksi seni budaya dan berbagai skill, kemampuan terbaiknya di dalam berbagai lomba yang digelar" sebut Poltak. 
 
Kegembiraan di perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-78 diharapkan semua warga dapat meneruskannya dengan baik tentunya mengisi kemerdekaan ini dengan berbagai hal positif dengan baik ke depan demi kemajuan bangsa dan negara kita secara khusus di Kabupaten Toba.
 
"Jangan lagi kita selalu pesimis melainkan harus optimis. Para pejuang bangsa ini telah memperjuangkan kemerdekaan yang kita nikmati saat ini.selanjutnya adalah Tugas kita untuk mengisinya dengan pemikiran dan hati yang tulus serta akal budi yang luhur dan kekuatan kita bersama," ujarnya. 
 
Ditambahkan Poltak Sitorus, kepada seluruh warga Toba perlu disadari dan pahami, Kabupaten Toba adalah Daerah Pariwisata Super Prioritas (DPSP). Oleh karenanya seluruh masyarakat dari berbagai lapisan wajib mempersiapkan diri untuk menyambut para wisatawan yang akan datang berwisata ke Toba. 
 
"Kita harus menunjukkan sikap dan prlayanan kita dengan filosofi Batak Na Raja. Hal ini tentunya supaya masyarakat atau wisatawan yang datang ke Toba mendapatkan kesan dan kenangan yang baik serta memuaskan dan mereka kembali memiliki hasrat untuk datang kembali berwisata ke Toba," ujarnya. 
 
 
"Mari kita sampaikan 'Toba' itu adalah Tempat Orang Berwisata Asyik. Jadi harus kita buat pelayanan yang asyik," katanya lagi.
 
 
Poltak Sitorus juga menyampaikan di bulan November 2023 mendatang di Kabupaten Toba akan digelar Event Zet Ski atau Aqua Bike bertaraf internasional, karenanya ia mengajak seluruh masyarakat Toba berbenah. Sebab berbagai kalangan masyarakat dari berbagai daaearah dalam Negeri dan luar Negeri akan datang beramai-ramai ke Toba untuk menyaksikan perlombaan tersebut.