TOBA - Upacara bendera sekaligus acara perayaan HUT Kemerdekaan RI ke 78 di Pemerintah Kecamatan Sigumpar, berlangsung khidmat dan semarak, Kamis (17/8/2023). Upacara diikuti 9 desa dan 1 Kelurahan se Kecamatan Sigumpar dengan 9 sekolah SD, 2 SMP dan 1 SMK Pertanian.
 
Untuk Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kecamatan Sigumpar dari siswa SMK Pertanian Sigumpar.
 
Upacara penaikan Bendera peringatan detik detik proklamasi 1945 di gelar di Lapangan HKBP Nomensen. Seluruh peserta berkumpul di lapangan SD Inpres Kelurahan Sigumpar Dangsina.
 
Selanjutnya mengikuti pawai bersama, seluruh peserta diiringi penampilan drum band SMP Sigumpar dan beberapa SD se Kecamatan Sigumpar. Serta organisasi pemuda Karang Taruna Kecamatan Sigumpar, tokoh adat,tokoh masyarakat, tokoh agama. 
 
Sesaat pawai akan dimulai hujan gerimis sudah turun. Meski demikian, pawai berlanjut curah gerimis hujan makin lumayan deras dan peserta ada pakai payung. Namun peserta mulai basah, saat tiba di Lapangan HKBP Nomensen. 
 
Tidak berapa lama upacara penaikan bendera di detik detik proklamasi dimulai, kembali hujan sudah mulai turun dengan curah gerimis hujan yang lumayan agak deras. 
 
Dengan curahan gerimis hujan yang lumayan deras membasahi semua peserta upacara tidak menurunkan semangat semua peserta untuk mengikutinya dan tetap mempertahankan posisi masing masing di barisan upacara.
 
Selama upacara berlangsung curah hujan lumayan deras dan membasahi semua peserta. menjelang beberapa menit upacara bendera akan selesai digelar baru hujan reda.
 
Camat Sigumpar Binner Panjaiatan,SE dalam sambutannya menyampaikan, terima kasih kepada semua peserta pawai dan upacara secara khusus warga masyarakat Kecamatan Sigumpar yang tidak menyurutkan semangatnya untuk mengikuti pawai dan upacara detik detik proklamasi. .
 
Menurutnya peserta upacara dan pelajar yang tetap bertahan, membuktikan mereka juga menjaga dan mempertahankan semangat nasionalisme Kebangsaan itu. 
 
Untuk meyemarakkan perayaan HUT Kemerdekaan RI di Kecamatan Sigumpar setiap sekolah menampilkan berbagai atraksi seni budaya kreatif Toba yang ditampilkan siswa SD dan SMP serta ibu ibu PKK.
 
Pintor salah satu warga mengatakan, dengan perayaan HUT Kemerdekaan RI di tahun ini lumayan membuat gembira dan terhibur.
 
Karena beberapa tahun terkahir kita didera paparan wabah pandemi Covid-19 dan perayaan hampir ditiadakan hanya sebatas upacara seremonial saja yang bisa dilakukan pemerintah baik melalui virtual zoom.
 
Ditahun ini kebebasan itu sudah kembali kita rasakan dan anak anak sekolah tampak begitu ceria dan gembira serta mengikuti berbagai lomba dalam menyemarakkan perayaan HUT RI ke - 78 tahun 2023.