PALAS - Pemerintah Desa (Pemdes) Padang Garugur, Kecamatan Barumun Tengah, Kabupaten Padanglawas (Palas) menggelar berbagai perlombaan dalam memeriahkan HUT RI ke 78 Tahun 2023. Kegiatan perlombaan yang digelar tersebut sebagai momentum rasa syukur atas peringatan kemerdekaan HUT RI yang harus ditanamkan bagi tengah warga untuk berperan aktif mendukung program desa.

Adapun lima perlombaan yang digelar Pemdes Padang Garugur, panjat pinang, bola dangdut, lomba lari, lomba makan kerupuk dan tarik tambang yang diikuti oleh warga, kalangan anak-anak  serta remaja desa.

Kepala Desa Padang Garugur, Irham Habibi Harahap,M.Pd mengatakan, makna kemerdekan harus dihayati dan dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia mulai dari pinggiran desa hingga seluruh penjuru tanah air untuk menjaga keutuhan bangsa dalam bingkai Pancasila.

"Mari kita jaga dan rawat persatuan dan kesatuan dengan baik sesuai harahap para pejuang kemerdekaan untuk indonesia maju," katanya, Jumat (18/8/2023).

Kata Irham Habibi, para pejuang kemerdekaan rela mengorbanlan harta, tenaga, pikiran bahkan nyawa untuk menjadikan Indonesia merdeka, maka sudah selayaknya dirawat dan dijaga nilai-nilai kebangsaan dan keutuhan bangsa sesuai falsafah Pancasila.

Oleh karenanya, kata Irham yang juga mantan Ketua DPD KNPI Palas mengajak, seluruh warga desa yang dipimpinnya untuk mengisi kemerdekaan dengan berbagai karya yang berkotrubusi untuk memajukan bangsa.

Secara khusus, lanjutnya bagi generasi muda agar berkomitmen menjaga dan merawat makna kemerdekaan jangan sampai dirusak NKRI yang telah diperjuangkan para pendahulu untuk meraih kemerdekaan.

"Kita sebagai aset bangsa harus bertanggung jawab untuk generasi berikutnya dalam melakukan pembinaan untuk penghayatan cinta dan bela tanah air indonesia dengan terus mengisinya dengan karya untuk kemajuan," ucap Irham Habibi yang akrab disapa warga,Jorang Belanga.

Ditambahkan, kegiatan perlombaan ini sebagai bentuk memotivasi warga dan generasi muda untuk terus berinovasi dan berkarya dengan kegiatan positip yang memberikan manfaat bagi kemaslahatan.

Sebelumnya Ketua Panitia perlombaan HUT RI Desa Padang Garugur, Pandapotan Harahap mengatakan, kegiatan perlombaan ini sebagai bentuk memeriahkan HUT RI ke 78 yang memberi manfaat ditengah warga.

"Pihak panitia menyiapkan penghargaan dan hadiah berupa uang tunai dan bingkisan untuk para juara perlombaan dari pemerintah desa," pungkasnya.