MADINA - Kemeriahan memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan RI turut ditunjukkan masyarakat Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Rabu (16/8/2023). Berbagai kegiatan yang digelar oleh pemerintah daerah Kabupaten Mandailing dalam memeriahi HUT RI ke -78 ini salah satunya mengadakan pawai karnaval budaya.

Pawai karnaval yang diselenggarakan berpusat di Kota Panyabungan tersebut dan turut disaksikan oleh ribuan masyarakat. Mulai dari ataraksi drum band, pakian khas adat daerah, Gordang Sembilam yang diikuti oleh anak peserta didik, bahkan pawai karnaval ini pun terbuka bagi masyarakat lainnya.

Namun yang tak kalah menariknya dalam iring-iringan pawai karnaval terlihat adanya ataraksi drum band emak-emak. Ternyata dentuman drum band yang bertalu-talu itu memakai alat dapur.

Yang tercengangnya, alat-alat drum band yang mereka gunakan adalah alat-alat rumah tangga bekas, seperti derigen bekas , panci, hingga ember bekas dan botol galon air minum bekas.

Meski menggungakan yang tidak umum, penampilan group drum band emak-emak dari Desa Gunung Tua Raya, Kecamatan Panyabungan, tidak kalah menariknya hingga membuat masyarakat yang meyaksikan itu merasa terhibur dan ketawa lepas seakan lupa panasnya matahari.

Bahkan, dari pantauan Gosumut, Bupati Madina Muhammad Jafar Sukhairi Nasution yang berada dipanggung kehormatan, sesaat melihat ataraksi emek-emak tersebut memberikan senyum manis sembari melambai tangan.

Tidak hanya Bupati Madina yang berada dipanggung kehormatan, terlihat juga Ketua DPRD Madina memberikan tepuk tangan kepada ataraksi emak-emak drum band Gunung Tua Raya.

Kemudian Wakil Bupati Madina Atika Azmi, Kapolres Madina AKBP Muhammad Reza dan Forkopimda lainnya juga merasa terhibur dengan penampilan emak-emak tersebut.

Bupati Madina mengucapkan antusias masyarakat dalam menyaksikan pawai karnaval dalam memeriahi kemerdekaan HUT RI ke - 78.

Sementara itu, Dollar Hafrianto Kepala Dinas Pendidikan Madina mengatakan selain diikuti oleh peserta didik, masyarakat umum juga ikut serta mensukseskan pawai karnaval peringatan HUT RI ke-78.

"Atas nama Forkopimda, kami ucapkan terimakasih banyak kepada masyarakat yang telah mensukseskan pegelaran ini," imbuh Dollar ketika dihubungi.